03 Oct 2021, 07:38Kandungan

Apakah glaukoma mempengaruhi hormon reproduksi?

E
Info Penanya: E0
Dok, apa sih yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan hormon reproduksi pada wanita? Sebenarnya, apa fungsi dari hormon ini? Apakah Glaukoma mempengaruhi hormon reproduksi?
102 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Fungsi dari hormon reproduksi wanita umumnya terutama adalah mengatur keteraturan siklus haid, mempengaruhi masa subur dan pematangan sel telur wanita, serta menjaga kondisi janin saat kehamilan. Untuk itulah, pada wanita yang mengalami gangguan hormon memang seringkali akan terjadi gangguan pada siklus haid, kesulitan mendapatkan kehamilan, hingga munculnya mual muntah berlebihan saat kehamilan. 

Penyebab gangguan hormon

Gangguan hormon dapat pula disebabkan oleh masalah pada organ reproduksi seperti mioma uteri,kista ovarium, atau polip rahim. Namun jika tidak ada penyakit lain dalam organ, artinya penyebab gangguan ini dipengaruhi oleh kodisi :
  • Stres atau kecemasan berlebihan
  • Kelelahan berlebihan
  • Berat badan tidak ideal, atau berubah terlalu cepat dan drastis
  • Pubertas dan menopause dini
Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda mengalami gejala gangguan hormon seperti tidak haid dalam waktu 3 bulan. Glaukoma merupakan suatu penyakit mata karena peningkatan tekanan bola mata dan kondisi ini tidak menyebabkan gangguan hormon reproduksi. Glaukoma disebabkan gangguan aliran air mata yang bisa disebabkan keturunan, cedera mata, penyumbatan pembuluh darah pada mata, infeksi, maupun penggunaan obat mata kortikosteroid tetes dalam jangka panjang. Jika Anda memiliki keluhan glaukoma, obati dengan obat tetes mata yang bisa Anda dapatkan dari dokter spesilais mata.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hormon sekskesehatan wanitakesehatan mataglaukoma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil