Apakah giginya bisa kembali normal sebab telat dicabut?

SU Info Penanya: SU
Assalamualaikum dok. Saya mau tanya" anak saya belum sampai usia 6 tahun tp gigi depannya cuma tinggal akarnya,bbrpa hari yg lalu sudah agak goyang,sy bwa ke dokter kata dokter belum saatnya dicabut ,disuruh tunggu sampai benar2 goyang akarnya itu tp tadi saya kaget,pas liat dibelakangnya udah tumbuh gigi baru,udah agak besar & yg depannya langsung dicabut tadi,apakah giginya bisa normal lagi dok? apa akan tumbuh double Atau nanti gigi yg dua diatas tu gak akan sejajar?apa bs normal kembali?tQ
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Waalaikumusalam J.

Gigi yang pertama kali tumbuh pada manusia adalah gigi susu. Pertumbuhan gigi susu sendiri mempunyai urutan tertentu. Biasanya gigi susu mulai tumbuh sejak anak berusia 6 bulan, namun waktu tepatnya dapat berbeda-beda pada setiap individu. 

Setelah mencapai rentang usia kisaran 6-7 tahun, gigi susu akan tanggal dan digantikan oleh gigi permanen. Umumnya pertumbuhan gigi permanen dipengaruhi juga oleh  perawatan giigi susu sebelumnya.

Mengenai keadaan gigi anak Anda, pada dasarnya gigi susu seharusnya tanggal dengan sendirinya karena adanya gesekan dari gigi permanen yang akan tumbuh dari dalam gusi. Namun terdapat keadaan dimana gigi permanen tumbuh di luar lengkung rahang atau di bagian depan ataupun belakang dari gigi susu tersebut. Sehingga gigi susu atau akarnya yang tersisa perlu dicabut.

Beberapa kondisi medis yang dapat memicu keadaan ini antara lainnya ialah :

  • adanya infeksi pada gigi susu tersebut
  • adanya trauma atau cedera pada gigi
  • adanya penghalang pada jalur pertumbuhan gigi permanen
  • adanya keadaan over-retained, dimana gigi susu menyatu pada tulang rahang (ankylosis)

Jika gigi permanen sudah terlanjur tumbuh di luar jalur yang seharusnya, mungkin akan menjadi tidak sejajar atau bertumpuk, namun demikian pada usia peralihan gigi ini, beberapa kasus dapat membaik dengan sendirinya seiring pertumbuhan anak. Adapun beberapa kasus yang bertahan hingga gigi permanen sudah tumbuh semua dan dibutuhkan alat bantuan seperti kawat gigi dan alat ekspansi rahang.

Untuk itu, Anda perlu berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter Gigi anak Anda untuk keterangan lebih lengkap yang sesuai dengan keadaan gigi anak Anda saat ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Periksa gigi saat pandemi covid-19 wajib dilakukan dengan protokol kesehatan

Periksa Gigi Saat Pandemi Covid-19, Apakah Aman Melakukannya?

Periksa gigi saat pandemi Covid-19 bisa saja dilakukan. Ada beberapa kondisi tertentu yang memperbolehkan pasien melakukan periksa gigi saat pandemi Covid-19.