Apakah gigi patah pada orang dewasa bisa tumbuh lagi?

LV Info Penanya: LV, Wanita, 17 Tahun
Permisi dok saya mau tanya, saya kan abis kecelakaan terus gigi saya patah. Apakah Gigi yang patah itu bisa tumbuh kembali di usia saya yang suda 17 tahun??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Nona LV,

Sayang tidak dijelaskan apakah gigi patah sebagian dengan masih menyisakan pangkal dan akar gigi? Ataukah gigi tercabut artinya sampai ke bagian akarnya. Secara umum saya jelaskan bahwa pada orang dewasa giginya adalah gigi tetap. Anak-anak mempunyai gigi susu yang dapat berganti sebanyak satu kali dengan alami (tanggal sendiri) ataupun akibat masalah (infeksi atau benturan) sampai anak berusia 12-13 tahun. Setelah itu mulut dan rahang memiliki gigi permanen yang lebih besar bentuknya dan tidak tergantikan lagi beda dengan kelinci yang memiliki banyak bakal gigi di dalam gusinya sehingga tiap patah akan tumbuh baru.

Meskipun demikian Nona dapat melakukan upaya untuk memperbaiki bentuk gigi yang patah untuk keperluan mengunyah dan juga untuk keperluan estetis. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan tindakan oleh dokter gigi. Jika patahnya sedikit saja atau superfisial maka perbaikan biasanya dapat dilakukan dalam satu kali kunjungan dokter gigi. Jika patah sampai ke pembuluh darah atau saraf atau akar maka diperlukan prosedur beberapa kali kunjungan agar gigi dapat stabil lagi di ruang gusi.

1. Gigi masih disimpan dalam kondisi bersih dan lembab dalam kantung berisi cairan NaCl (garam fisiologis) atau air hangat matang atau air susu atau air liur sendiri dan kurang dari 24 jam biasanya masih hidup bagian gigi tsb sehingga oleh dokter gigi akan dilakukan tindakan gluing atau menempelkan kembali patahan gigi ke asalnya dengan lem khusus gigi.

2. Jika patahan gigi hilang atau sudah kadaluwarsa maka dokter gigi akan menambal dan membentuk permukaan gigi menyerupai konfigurasi asalnya misalnya gigi seri lebih flat permukaannya sementara gigi taring dibentuk melancip (proses ini namanya bonding dan shaping dan trimming). Semen atau adonan untuk menggantikan mineral gigi alami biasanya berasal dari komposit resin, amalgam, porselen, sampai emas. Semuanya tergantung lagi ke fungsi kekuatan yang diinginkan dan tampilan estetika yang sesuai.

3. Jika gigi patah dengan kehilangan sebagian besar (lebih dari separuh volume asal gigi) maka crown menjadi pilihan yang lebih pas. Crown adalah metode pemasangan selubung gigi palsu yang sudah dicetak di pabrik sesuai jenis gigi yang akan digantikan lalu crown ini di rekatkan permanen ke sisa gigi alami yang tinggal sedikit sehingga bentuk dan ukuran gigi yang patah menjadi normal kembali dan bisa dipakai mengunyah.

4. Pada kondisi gigi yang patah dengan kerusakan pembuluhn darah dan saraf maka dokter gigi akan melakukan perawatan saluran akar terlebih dulu bertujuan untuk membuang saraf dan pembuluh darah yang mati sambil mencoba membuat hubungan aliran darah baru di akar gigi. Baru kemudian permukaan atas dipasang crown gigi. 

5. Implan gigi merupakan proses penanaman gigi baru sampai akar-akarnya, ini bila cedera akibatkan gigi rusak atau hilang sampai akarnya. Caranya ialah dengan pengeboran ke tulang dan penanaman implant bahan titanium yang sama seperti kasus implant pada cedera tulang atau lazim disebut pen.

Yang dapat dilakukan dirumah ialah:

  1. Tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan sikat gigi minimal dua kali sehari dengan perlahan dan kumur dengan antiseptik agar gigi yang rusak tidak terinfeksi
  2. Makan makanan yang lunak sementara waktu seperti bubur dan jus agar tidak memperparah cedera gigi
  3. Minum penahan sakit yang dijual bebas seperti paracetamol apabila ada keluhan nyeri
  4. Jika ada perdarahan dari gigi dan gusi dapat melakukan penekanan area tersebut dengan dengan kain bersih atau kassa atau dapat juga kantung teh bekas yang lembab sambil digigit (ditekan oleh permukaan gigi)

Selalu berhati-hati saat berolahraga dan beraktivitas dan lakukan langkah pertolongan pertama jika ada cedera gigi lagi di kemudian hari. 

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agar gigi putih, pakailah pasta gigi dengan pemutih yang mengandung carbamide peroxide dua kali seminggu

Yang Harus Dilakukan agar Warna Gigi Putih

Gigi kuning atau menggelap adalah gangguan yang dialami semua orang seiring pertambahan usia. Salah satu cara umum untuk mendapatkan gigi putih adalah dengan menjalani perawatan whitening oleh dokter gigi.