Apakah gejala terkena virus covid 19?

KS Info Penanya: KS, Wanita, 23 Tahun
Dok bbrapa hari saya merasa suhu badan saya panas (di rasakan dari air kencing dan nafas). Kmdian waktu siang tiba" tenggorokan bagian atas terasa sakit, setelah itu pas malamnya tiba" batuk tk bisa di tahan. Apakah itu menuju pada gejala covid -19. Mohon bantuannya dok...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KS

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Corona merupakan sebuah kelompok virus yang menyerang sistem pernapasan. Jenis virus corona yang terbaru ditemukan dan menimbulkan wabah saat ini dikenal dengan COVID-19. Penularan dari virus ini melalui droplet, atau percikan cairan tubuh pada saat panderita batuk / bersin. 

Adapun beberapa gejala awal yang sering mucul pada Covid-19 adalah:

  • Demam tinggi (suhu 38 derajat celcius atau lebih)
  • Batuk
  • Sesak napas

Gejala lain dan komplikasi bila seseorang terserang virus COVID-19 berbeda-beda tergantung dari faktor usia serta penyakit bawaan pada masing-masing individu.

Tindakan yang bisa Anda lakukan saat ini adalah konsumsi makanan bergizi seimbang, gunakan masker,  cuci tangan dengan sabun dan air mengalir (jika tidak tersedia, Anda bisa menggunakan cairan handsanitizer), lakukan social distancing, terapkan etika batuk dan bersin yang benar, hindari bepergian bila dirasa tidak perlu, cukupi kebutuhan cairan harian dan lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Jika keluhan dirasa semakin memberat, Anda bisa menghubungi 119 ext 9 utk mengetahui apakah Anda perlu ke RS rujukan atau tidak.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pandemi adalah epidemi yang menyebar ke beberapa negara

Pandemi Corona Virus Gelombang Kedua, Mungkinkah Terjadi?

Pandemi corona belum usai dan dunia masih berperang melawan virus ini. Bahkan, pandemi ini diprediksi akan mengalami gelombang kedua yang lebih parah nantinya.