Apakah gejala rematik dan obatnya?

FD Info Penanya: FD, Wanita
gejala rematik,dan obat nyh.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FD

Terima kasih atas pertanyaannya.

Rematik yang dikenal orang awam adalah peradangan pada sendi. Seringkali dialami oleh lansia dengan gejala nyeri sendi dan kaku bila digerakkan. Dengan bertambahnya usia maka semakin tinggi kemungkinan mengalami gejala rematik. Semakin bertambah tua tulang rawan berkurang di daerah sekitar sendi. Tulang rawan selama ini berperan sebagai bantal sendi saat melakukan gerakan.

Radang sendi terbagi beberapa macam, yang paling sering terjadi adalah osteoarthritis atau disingkat OA. Selain faktor usia, bisa juga karena terlalu sering dipakai, kegemukan atau adanya cedera pada sendi. Bila bantalan tulang rawan semakin sedikit maka akan terasa nyeri karena terjadi pergesekan antar tulang.

Kemudian ada juga Rheumatoid Athritis (RA) yang diakibatkan dari faktor kekebalan tubuh yang menyerang sendi terutama pada lapisan sendi / synovium. Selain menganggu sendi bisa juga mempengaruhi otot, jaringan ikat dan tulang.

Kemudian ada juga radang sendi akibat asam urat yang membentuk kristal-kristal asam urat di sendi karena jumlahnya terlalu banyak di darah. Sehingga sendi menjadi meradang. Sebaiknya membatasi makanan yang mengakibatkan asam urat serta mengurangi stres, asupan alkohol ataupun obat-obatan tertentu.

Berikut saya lampirkan artikel mengenai cara menangani asam urat. Bila keluhan tidak juga berkurang sebaiknya ada konsultasi dengan dokter untuk memastikan penyebab nyeri sendinya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu ciri-ciri asam urat pada sendi adalah sulit menapakkan kaki

Apa Saja Ciri-ciri Asam Urat pada Sendi? Ketahui Juga Faktor-faktornya!

Nyeri pada sendi yang terasa parah di malam hari bisa saja merupakan ciri-ciri asam urat. Penderita penyakit asam urat bahkan akan kesulitan berjalan. Asam urat sendiri dapat menyerang orang yang kegemukan hingga orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat memicu asam urat.