Apakah gejala dari lambung atau jantung?

UH Info Penanya: UH, Wanita, 22 Tahun
Dok mohon dijawab ya!Sy sering merasakan nyeri di ulu hati smpai ke dada rsanya spt ditusuk, diikat kencang dan trsa berat. Scra brsmaan jg sakitnya smpai mnjalar ke bahu, kepala, leher, pnggung dan ke lengan smuanya sbelah kiri dan trasa berat skli. Nyeri di ulu hati jg smpai ke krongkongan dan tnggorokan spt dicekik persis spt gejala lambung. Gejala yg sy rasakn itu sering skli kambuh biasanya seminggu lebih dari tiga kli dan sy prnah brobat kata dokternya itu gejala dr maag. Apa benar dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang UH,

Nyeri ulu hati adalah gejala yang bisa timbul karena gangguan pencernaan seperti maag dan asam lambung, gangguan pernapasan, gangguan jantung ataupun organ lain disekitar ulu hati seperti pankreas atau hati. 

Sering kali disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari seperti pola makan yang kurang baik, bisa karena kebiasaan konsumsi makanan pedas, asam dan makanan lain yang mengiritasi, kebiasaan merokok, minum-minuman berkafein dan lainnya.

Cara mengatasi nyeri ulu hati adalah dengan melakukan beberapa cara seperti:

  • Perbaiki pola makan, makan sedikit tapi sering
  • Hindari kebiasaan makan pedas, asam, dan makanan lain yang mengitasi lambung
  • Kelola stres
  • Bisa konsumsi obat maag seperti obat antasida sebelum makan
  • Hindari mengonsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi, soda dan cokelat

Periksakan diri pada dokter apabila keluhan masih sering timbul. Nantinya akan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti rekam jantung atau EKG, pemeriksaan lab darah, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Selain itu bisa juga karena masalah otot, jadi perlu perbaiki dan jaga postur tubuh saat beraktivitas atau saat tidur. Jadi baiknya bisa memperbaiki pola hidup agar bisa lebih sehat. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit jantung dan kesehatan mental adalah penyakit yang saling memengaruhi satu sama lain

Hubungan Penyakit Jantung dan Kesehatan Mental Ternyata Sangat Erat

Penyakit jantung dan kesehatan mental ternyata saling memengaruhi satu sama lain. Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental berisiko terkena penyakit jantung, begitu juga sebaliknya.