Apakah gejala corona?

N Info Penanya: N
Pagi dok, sejak minggu sore tenggorokan saya sedikit sakit dan batuk pilek namun suhu badan saya masih 35,4, lalu senin kemarin suhu tubuh saya 36,3 dan tenggorokan saya semakin sakit serta pagi hari saya mengeluarkan cairan hidung berwarna kuning kehijauan, saya perbanyak minum air putih dan hari ini suhu tubuh saya 35,7 dan tenggorokan saya sudah jauh membaik tidak sesakit kemarin. Apakah ini gejala corona dok? Saya tidak memiliki riwayat berpergian kemanapun sblmnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, N.

Virus corona merupakan sekelompok virus yang dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Berkisar dari gangguan saluran pernapasan yang ringan hingga gangguan yang lebih parah bahkan mematikan. seperti penyakit saluran pernapasan terdahulunya, yang dikenal dengan MERS (middle east respiratory syndrome) dan SARS (severe acute respiratory syndrome). 

Pada tahun 2019 ini, terdapat virus corona jenis baru yang dikenal dengan COVID-19, yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina. Karena virus ini merupakan virus jenis baru, informasi mengenai penyebaran, dan pencegahan masih dalam proses penelitian oleh para ahli. Sejauh ini yang telah diketahui virus ini dapat menular antarmanusia dan memiiliki gejala gangguan saluran pernapasan yang mirip dengan gejala flu pada umumnya, namun, dapat menjadi lebih parah dan mengakibatkan infeksi paru yang dikenal dengan pneumonia.

Gejala COVID-19

Terdapat beberapa gejala yang dapat bervariasi pada penderita COVID-19, diantaranya adalah :

1. demam

Dapat bervariasi, umumnya demam tinggi

2. flu like syndrome 

menyerupai gejala flu namun dapat berkembang menjadi lebih parah

  • batuk
  • sakit tenggorokan
  • kelelahan

3. sesak napas

pada keadaan pneumonia dapat terjadi sesak napas

4. gejala pada saluran pencernaan

pada keadaan yang sudah berkembang dapat disetai gejala saluran pencernaan seperti :

  • mual
  • muntah 
  • diare

Terkait dengan keluhan Anda, karena menyerupai gejala flu pada umumnya, ada baiknya Anda untuk terus mengamati perubahan suhu dan gejala yang dialami. Pada dasarnya perlu terlebih dahulu diketahui, bahwa setiap individu yang berkaitan dengan COVID-19 dikelompokan menjadi 3 kelompok berdasarkan riwayat kontak dengan pasien yang telah dinyatakan positif dan gejala yang sedang dialami. Apabila telah mengalami gejala yang menyerupai, dapat dikategorikan pada PDP atau pasien dalam pengawasan

Jika keluhan yang Anda alami berangsur membaik, Anda dapat melakukan perawatan mandiri dan tetap dirumah sesuai himbauan pemerintah untuk melakukan karantina diri (social distancing). Namun, apabila gejala yang dirasakan menjadi lebih parah, segeralah memeriksakan diri Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Roseola infantum, penyakit yang rentan menyerang balita

Roseola Infantum, Penyakit yang Rawan Diderita Anak Usia Empat Bulan hingga Empat Tahun

Gejala ruam dan demam tidak hanya dialami oleh penderita cacar air ataupun campak, tetapi juga dialami oleh penderita roseola infantum. Penyakit roseola infantum umumnya menyerang anak-anak dan diawali dengan demam yang kemudian memunculkan ruam-ruam berwarna merah muda pada kulit anak.