Apakah foto bayi dengan flash berbahaya?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hai dokter, saya suka gemas dengan bayi saya. Beberapa kali melakukan sesi foto bayi dengan menggunakan flash. Apakah ini berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Foto meruapakan salah satu pilihan terbaik untuk mengabadikan momen buah hati. Namun tidak jarang penggunaan flash kamera diduga membuat dampak negatif untuk mata si buah hati. Sebenarnya penggunaan flash pada kamera ini sama dengan cahaya lainnya seperti cahaya matahari atau lampu. Dapat membuat kaget pada mata, namun tidak berbahaya.

Namun tidak disarankan menggunakan flash kamera di tempat yang benar-benar gelap dan tidak ada cahaya karena hal ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan memberikan tekanan pada retina mata. Walau secara garis besar tidak mebahayakan sebaiknya tidak menggunakan flash kamera terlalu sering.

Untuk menjaga kesehatan mata bayi, beberapa tips yang dapat dilakukan :

  • Hindari sering menyentuh mata bayi, hindari juga tangan bayi terlalu sering mengucek matanya.
  • Jauhkan benda-benda yang berbahaya seperti benda tajam dari jangkauannya.
  • Rutin periksakan ke dokter anak atau dokter mata terlebih jika ada keluhan pada mata seperti iritasi, mata merah, keluar banyak kotoran mata dan keluhan mata lainnya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

BPJS Kesehatan tidak menanggung biaya operasi lasik mata.

Bisakah Operasi Lasik Mata dengan BPJS?

Operasi lasik mata untuk mengobati rabun jauh, memang tidak bisa dilakukan dengan BPJS. Namun, ada kondisi tertentu yang memungkinkan penggunakan fasilitas JKN dari BPJS Kesehatan untuk lasik mata.