Apakah flek setelah berhubungan menandakan awal kehamilan?

SA Info Penanya: SA
Dok di siklus haid seharusNya saya haid pada tanggal 7 namun saya haid pada tanggal 6 setelah berhubungan semalamnya. Namun hanya satu hari saja. Ke esokannya hanya muncul flek berwarna coklat. Setelah itu tidak ada lagi, selang 2hari dan di hari ke 7 dan 8 muncul kembali flek. Apakah itu tanda awal kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SA

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Siklus menstruasi atau siklus haid yang normal terjadi selama 21 - 35 hari. Rata - rata orang mempunyai siklus 28 hari. Beberapa hal yang memperngaruhi siklus menstruasi selain ekhamilan adalah adanya masalah hormonal, masalah organ reproduksi wanita, PCOS, stres, status gizi dan lain sebagainya.

Kehamilan merupakan kondisi yang dinantikan hampir setiap pasangan suami istri. Tanda pasti dari kehamilan adalah hasil positif dar tes kehamilan, pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter, serta hasil dari pemeriksan USG kandungan.

Pada saat awal kehamilan, bisa juga terjadi perdarahan implantasi atau bercak kemerahan seperti flek. Perdarahan implantasi ini terjadi karena menempelnya embrio pada dinding rahim. Perdarahan impalnats ini umumnya hanya terjadi sesekali dan tidak lebih dari 3 hari.

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, sebaiknya Anda melakukan tes kehamilan terlebih dahulu untuk memastikan anda hamil atau tidak. Jika hasilnya saar-samar bisa diulang dengan jeda 1minggu kemudian. Perdarahan setelah melakukan hubungan seksual juga bisa terjadi karena adanya perlukaan, adanya infeksi jamur, atau bahkan adanya infeksi penyakit menular seksual.

Upayakan Anda tetap mengosumsi makanan bergizi seimbang, memperbanyak konsumsi sayur dan uah-buahan, hindari stres dan kelelahan, istirahat dengan cukup dan lakukan olahraga ringan.

Jika keluhan dirasa tidak membaik, atau Anda ragu-ragu dengan tes kehamilan silakan periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG kehamilan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kekurangan elektrolit saat hamil muda dapat menyebabkan mual dan muntah

Hamil Muda? Awasi 7 Masalah Trimester Pertama Kehamilan Ini!

Saat hamil muda, berbagai permasalahan yang dapat muncul adalah perdarahan dan gatal di vagina, mual dan muntah, demam tinggi, sakit saat kencing, hingga sakit kepala.