Apakah flek coklat yang saya alami, pertanda hamil?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 20 Tahun
Dok, setelah saya berhubungan di masa subur (tanpa kb hanya pull out). Selang 5 hari, saya keluar flek coklat yg tidak pekat dan muncul hanya di pagi atau sore hari saja serta sedikit (berlangsung 5 hari) tapi setelahnya tidak keluar darah haid yg deras. Hingga sekarang saya telat seminggu, tapi saat testpack hasilnya negatif. Apa flek coklat itu bisa dianggap darah haid? Jadi sebenarnya apa saya sudah haid atau itu gejala penyakit? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan pada prinsipnya bisa terjadi karena adanya pembuahan oleh sel telur dan sperma. Sel telur akan keluar pada masa ovulasi atau masa subur. Jika pada saat itu ada sperma yang masuk dan membuahinya, makan peluang untuk terjadinya kehamilan lebih besar.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan flek coklat yang Anda alami bisa saja terjadi karena :

  • Perdarahan implantasi (darah kehamilan)
  • Perdarahan sisa menstruasi
  • Luka saat berhubungan
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Penyakit organ kewanitaan seperti radang panggul, PCOS

Jika Anda sudah terlambat haid dan sudah testpack menunjukan hasil negatif, kemungkinan flek yang terjadi bukan karena tanda kehamilan, namun sebaiknya lakukan testpack ulang terlebih dahulu, usahakan saat pagi hari menggunakan urin pertama kali. Namun jika tetap saja menunjukan hasil negatif dan Anda terlambat menstruasi hingga 1 siklus, flek terjadi berkepanjangan dan berbau tidak sedap, sakit atau kram perut dan gatal di area vagina. Sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter kandungan untuk mencari tahu penyebab pastinya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit berjerawat adalah mitos hamil anak perempuan

Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Sebenarnya Cuma Mitos

Katanya ibu hamil yang suka uring-uringan berarti ciri-ciri sedang mengandung bayi perempuan, padahal ini mitos. Jenis kelamin hanya bisa dilihat lewat USG.