Apakah FG Troches Meiji aman untuk ibu hamil dan menyusui?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, apakah FG Troches meiji aman untuk ibu hamil dan menyusui?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam L,

Kehamilan tentu hal yang sangat diidam-idamkan oleh seorang wanita, namun selama mengandung 9 bulan ini tentunya tubuh tidak mungkin sehat setiap saja. Adanya keluhan seperti demam, nyeri menelan, batuk pilek, diare bisa dialami sewaktu-waktu. Namun keluhan yang sepele ini tidak menjadi sepele disaat hamil karena obat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil juga terbatas, karena dikhawatirkan akan mempengaruhi kondisi janin.

FG Troches meiji adalah obat pereda nyeri tenggorokan yang mengandung antibiotik Fradiomycin sulfate 2.5 mg, gramicidin S-HCL 1 mg. Obat ini termasuk obat golongan keras, sehingga perlu diresepkan oleh dokter. Penggunaan obat ini sering dipakai karena berupa tablet hisap yang rasanya manis dan enak sehingga Anda merasa tidak sedang minum obat. Namun Fradiomycin sulfate 2.5 mg, gramicidin S-HCL 1 mg ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil atau yang sedang menyusui.

Sehingga bila Anda sedang hamil dan mengalami nyeri menelan, maka yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Kumur menggunakan air hangat yang sudah dicampur sedikit garam.
  • Hindari makanan pedas dan gorengan.
  • Minum air putih minimal 2 liter/ hari.
  • Bila tenggorokan terasa sangat nyeri, Anda bisa meminum paracetamol untuk meredakan nyerinya dan tentu aman untuk kandungan Anda.

Tapi bila dalam 3 hari nyeri menelan dirasa tidak mengalami perubahan, terlebih ada demam, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk peresepan obat yang aman untuk kehamilan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa memilih obat batuk kering di apotik berupa sirup atau tablet, sesuai dengan kebutuhan

Memilih Jenis Obat Batuk Kering yang Tepat di Apotek

Obat batuk kering di apotek termasuk dekongestan, supresan atau antitusif, dan tablet isap mentol. Pastikan Anda membaca aturan penggunaan sebelum menggunakannya.