Apakah faktor yang mempengaruhi warna kulit ?

EJ Info Penanya: EJ, Pria
dok saya ingin bertanya, umur saya skrg 18 th, saya bingung kenapa kulit saya susah untuk putih, jadi ceritanya saya lahir di Bogor, sampai th 2011 kulit saya masih bersih putih, semenjak saya pindah ke Cikarang kulit saya hitam gosong sudah pakai skincare tapi susah bgt balikinya dok, rencana nya saya ingin pindah ke salatiga taun ini,tempatnya sejuk seperti Bogor, apakah kulit putih bersih saya yg dulu masih bisa kembali dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, EJ.

Warna kulit sangatlah dipengaruhi oleh genetik dan lingkungan, namun yang paling berperan penting adalah faktor genetik. Sehingga diharapkan jika menghindari lingkungan yang memicu perubahan warna kulit, warna kulit anda akan kembali seperti sedia kala. 

Yang terpenting adalah asupan nutrisi agar kulit tetap sehat dengan cara mengkonsumsi buah dan sayuran, minum air putih yang cukup, istirahat yang cukup, hindari stres, jangan merokok, memakai tabir surya.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selulit pada kulit dapat dihilangkan dengan cara berolahraga, terutama pada area paha

7 Cara Menghilangkan Selulit agar Tak Ganggu Penampilan

Walau tergolong tidak berbahaya, selulit bisa menganggu penampilan. Ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan selulit. 7 cara menghilangkan selulit ini bisa Anda lakukan di rumah.