Apakah epilepsi dapat disembuhkan ?

AA Info Penanya: AA, Pria, 22 Tahun
Apakah epilepsi bisa sembuh ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AA.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Epilepsi merupakan penyakit yang terjadi pada sistem saraf pusat, yang membuat aktivitas otak menjadi tidak normal dan ditandai oleh adanya kejang, perilaku yang tidak biasa hingga menyebabkan kehilangan kesadaran.

Kejang yang terjadi berulang adalah gejala utama dati epilepsi. Bentuk dari kejang tersebut dapat bermacam-macam. Tergantung pada gangguan aktivitas listrik di dalam otak.

Jenis epilepsi terbagi berdasarkan tipe kejangnya, yakni :
  • tipe kejang fokal/parsial
  • tipe kejang umum
  • status epileptikus

Penyebab pasti dari epilepsi belum dapat diketahui secara pasti, namun terdapat beberapa faktor yang meningkatkan kejaidan epilepsi pada seseorang seperti, riwayat keluarga penderita epilepsi, adanya riwayat cedera kepala, infeksi otak, dan riwayat kejang saat kecil (kejang demam berkelanjutan).

Mengenai pertanyaan Anda, kesembuhan dari penyakit epilepsi bergantung kepada jenis epilepsi dan perawatan epilepsi yang dijalani, beberapa orang mungkin membutuhkan perawatan sepanjang hidupnya, tetapi tidak menutup kemungkinan terapi dapat dihentikan apabila gejala kejang mengilang seiring berjalannya waktu. Maka sebaiknya, konsultasikan keadaan epilepsi kepada dokter Spesialis Saraf sejak dini dan secara rutin, agar dapat dirawat dan ditangai dengan sesuai dan secara efektif.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kejang pada masa kehamilan merupakan kondisi serius yang bisa membahayakan ibu dan bayi

Penanganan Kejang pada Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Preeklampsia merupakan kondisi yang ditandai dengan terjadinya kenaikan tekanan darah pada ibu hamil. Kondisi ini sangat berbahaya karena pasokan oksigen ke janin dapat mengalami penurunan drastis. 2 cara aman ini dapat menangani kejang pada ibu hamil.