31 Jul 2020, 13:35Penyakit Lainnya

Apakah emping dapat memicu asam urat?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Pagi dok, aku udah dari tadi pagi kaki sama tangannya bengkak. Kayaknya karena habis makan emping deh dok, apakah emping bisa memicu asam urat?
7195 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, FF.Emping adalah makanan yang terbuat dari biji buah melinjo yang dihancurkan. Karena teksturnya yang renyah, emping sering disajikan sebagai pendamping makanan utama, seperti misalnya saat mengonsumsi nasi goreng atau nasi uduk. Selain sebagai pelengkap, emping juga sering dikonsumsi di sela-sela jam makan sebagai cemilan.Sedangkan asam urat adalah senyawa di dalam tubuh, yang sebenarnya bermanfaat apabila dalam jumlah normal. Tetapi, apabila berlebihan, asam urat dapat menimbulkan penyakit yang disebut dengan arthritis gout, dimana gejalanya adalah nyeri sendi. Rasa nyeri juga terkadang disertai bengkak dan kemerahan pada sendi tersebut.Idealnya, penderita asam urat menjauhi makanan tinggi purin, sedangkan melinjo (bahan dasar emping) memiliki kadar purin yang cukup tinggi. Oleh karena itu, penderita asam urat sebaiknya membatasi konsumsi emping, ya. 

Pantangan Makan Asam Urat

Selain emping, berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat, agar tidak mengalami kekambuhan:
  • Minuman beralkohol
  • Minuman bersoda
  • Seafood seperti ikan, udang, atau cumi 
  • Beberapa jenis sayuran yang tinggi purin, seperti kacang panjang
Untuk sementara, Anda dapat mengompres sendi Anda yang bengkak dengan handuk dingin. Hindari juga makanan dan minuman yang tinggi purin seperti yang disampaikan sebelumnya. Pantaulah kondisi Anda selama beberapa hari ke depan, dan apabila tidak membaik, segera periksakan diri kepada dokter spesialis penyakit dalam, ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
nyeri sendiasam uratradang sendi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil