Apakah ejakulasi di luar vagina dapat menyebab kan kehamilan?

BR Info Penanya: BR
Selamat malam dok syaa ingin bertanya apakah seorang wanita bisa hamil jika ada seseorang ejakulasi di luar rahim ? Apakah itu akan terjadi ke setiap wanita ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi BR,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Ejakulasi di liuar atau senggama terputus adalah upaya mencegah kehamilan dengan cara menarik penis keluar dari vagina saat mencapai klimaks dan ejakulasi. Kemudian ejakulasi sengaja dilakukan di luar vagina.

Metode ejakulasi di luar sebenarnya bagus unuk perempuan, karena menunda kehamilan dengan cara ini membawa keuntungan seperti bebas hormon dan praktis. Namun jika sperma yang di keluarkan di luar tidak sengaja mengenai dinding vagina dan masuk ke dalam vagina. Akan tetap menimbulkan risiko kehamilan karena sel sperma yang masuk bisa berpeluang betemu dengan sel telur. Selain sperma yang di keluarkan diluar cairan pra-ejakulasi yang tidak sengaja masuk ke dalam vagina akan berpeluang menjadi kehamilan.

Jadi tetap berhati-hati dalam melakukan ejakulasi di luar jika Anda tidak ingin mengalami kehamilan. Jika Anda ragu setelah melakukan ejakulasi dan telambat haid Anda bisa melakukan pemeriksaan test pack apakah terjadi kehamilan atau tidak.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tips agar cepat hamil adalah dengan berhubungan seks saat masa subur

7 Tips Cepat Hamil bagi Anda yang Ingin Dapat Momongan

Agar cepat hamil, tips yang bisa Anda lakukan bersama pasangan adalah mengetahui masa subur, posisi seks yang tepat, hidup sehat, dan konsultasi dengan dokter.