Apakah efek setelah operasi amandel? Selain itu ada keluhan telinga berdenging dan hidung mampet

MM Info Penanya: MM, Pria, 28 Tahun
Efek amandel diambil/di oprasi?Telinga sering berdenging dan hidung mampet
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MM

Terima kasih atas pertanyaannya.

Operasi amandel dilakukan untuk mengatasi gejala radang amandel berulang atau kronis, amandel bengkak, perdarahan pada amandel dan penyakit lainnya di amandel. Kemudian bisa juga karena adanya infeksi bakteri yang tidak respon terhadap antibiotik. Kemudian pada pasien dengan amandel yang bengkak sehingga mengganggu pernapasan, gangguan menelan dan gangguan napas saat tidur.

Amandel itu sendiri menghasilkan sel darah putih untuk melawan penyakit. Sehingga sering disebut sebagai pertahanan pertama untuk melawan bakteri dan virus yang masuk ke rongga mulut. Sehingga bisa menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan peradangan. Namun perannya lebih penting pada anak-anak yang lebih sedikit terpapar bakteri dan virus serta belum matang sistem kekebalan tubuhnya. Saya lampirkan artikel mengenai tindakan operasi amandel / tonsilektomi untuk referensi Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan menggigit kuku lebih buruk dari kelihatannya

Apakah Kebiasaan Menggigit Kuku Berbahaya?

Sama seperti kebiasaan-kebiasaan lainnya, perilaku menggigit kuku seringnya hanya dianggap sebagai kebiasaan buruk semata. Padahal, menggigit kuku dapat membuat Anda lebih berisiko terkena penyakit.