Apakah efek puasa dan air ketumbar bagi penyakit jantung?

NB Info Penanya: NB, Wanita
Assalamualaikum dok, saya punya penyakit jantung dan sudah dipasang ring 2 di jantung. Sempat ada miom juga. Saya sedang mencoba alternatif pengobatan dengan herbal. Berdasar ceramah ustad ada pengobatan sakit jantung dengan berpuasa dan minum rebusan air ketumbar. Menurut dokter, apakah ada efek sampingnya bila saya berpuasa dan mengonsumsi rebusan air ketumbar tsb? Mohon penjelasannya. Terima kasih. Walaikumsalam.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Penyakit jantung merupakan suatu kondisi medis dimana jantung mengalami gangguan atau kelainan. Yang paling umum dikenal adalah penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung koroner yang dimana penyakit ini akibat dari penyumbatan pembuluh darah sehingga menyebabkan nyeri dada (angina), stroke, dan serangan jantung. Gejala penyakit jantung yang paling umum terjadi yaitu nyeri dada kiri seperti tertindih atau ditekan, sesak napas, detak jantung yang tidak teratur, pembengkakan di kaki, kulit tampak pucat, mudah lelah. Penyebab penyakit jantung itu sendiri yaitu paling sering karena penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner adalah suatu kondisi dimana pembuluh darah koroner pada jantung mengalami penyumbatan karena lemak dan plak yang menempel di dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar. Faktor risikonya adalah diabetes, tekanan darah tinggi, merokok, kadar kolesterol yang tinggi, aktivitas fisik yang kurang.

Bagi penderita jantung, puasa memiliki banyak manfaat. Apalagi jika puasa itu mencakup puasa dari makanan atau minuman yang manis atau asin, berkolesterol, minuman beralkohol, dan puasa merokok. Dengan berpuasa, penderita jantung dapat mengontrol porsi makanan yang masuk. Untuk itu, dalam berpuasa, Anda harus memperhatikan dengan baik porsi makan dan memilih makanan yang tepat. Hindari gorengan atau makanan yang berlemak. Perbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Anda juga bisa melakukan konsultasi ke dokter gizi untuk mengetahui kandungan makanan yang cocok bagi penderita jantung.

Bagi penderita sakit jantung sebaiknya jangan mengonsumsi obat herbal yang belum terbukti secara medis. Karena belum diketahui secara pasti manfaat dan efek sampingnya. Lebih baik, Anda mengonsumsi obat-obatan dari dokter spesialis jantung sehingga Anda memperoleh pengobatan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Muntah saat puasa bisa terjadi karena riwayat gangguan pencernaan

Muntah Saat Puasa, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Muntah saat puasa bisa terjadi karena riwayat gangguan pencernaan serta makanan atau minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Meski bukan kondisi yang mengkhawatirkan, Anda perlu mengetahui penyebab muntah saat puasa agar dapat melakukan langkah pencegahannya.