Apakah duduk lama bisa menyebabkan nyeri tulang rusuk?

RZ Info Penanya: RZ, Pria, 25 Tahun
dokter saya mau tanya apakah duduk lama itu bisa bikin tulang rusuk nyeri? saya dikantor duduk 8 jam sering sekali merasakan nyeri di tulang rusuk. kalo sudah tiduran walopun sebentar nyerinya hilang. kalo lanjut duduk lagi nyerinya ada lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, H.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Tulang rusuk merupakan bagian tulang yang memiliki fungsi penting dalam melindungi organ-organ vital manusia yang terletak di bagian dada. Seperti bagian tubuh lainnya, tulang rusuk dapat mengalami gangguan ataupun kelainan yang menimbulkan rasa nyeri.

Berikut beberapa penyebab dari nyeri tulang rusuk :

  • Cedera pada daerah dada yang diakibatkan oleh kecelakaan jatuh, maupun olahraga 
  • Fibromyalgia
  • Kostokondritis
  • Emboli paru
  • Pleuritis
  • Kanker paru-paru

Terkait dengan pertanyaan Anda, perlu dipastikan terlebih dahulu ada atau tidaknya kelainan pada organ ataupun struktur tulang dan sendi. Jika memang tidak ada kelainan pada kedua bagian tersebut, maka kemungkinan terjadi cedera pada bagian otot yang dapat terasa nyeri pada posisi tertentu seperti posisi duduk.

Sementara untuk mengatasi keluhan nyeri tersebut, Anda dapat mengompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin, dan jika nyeri yang dirasakan sangat mengganggu aktifitas Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen. Serta setiap waktu tertentu gantilah posisi duduk Anda.

Apabila keluhan terus berlanjut, sebaikanya memeriksakan diri Anda secara langsung ke dokter untuk mencari akar penyebabnya dan mendapatkan terapi yang sesuai dengan penyebab keluhan tersebut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gambar tulang tengkorak dengan rahang bawah yang terpisah

Mengenal Bagian dan Fungsi Tulang Tengkorak yang Melindungi Otak

Tulang tengkorak berfungsi untuk melindungi otak sekaligus membentuk struktur wajah. Tulang ini terbagi menjadi tulang kepala dan tulang wajah. Masing-masingnya punya jenis dan fungsi tersendiri.