26 Sep 2021, 12:24Penyakit Lainnya

apakah diet kopi mentega cukup efektif?

P
Info Penanya: P0
Dok, salah satu cara untuk menjalani program diet adalah dengan mengonsumsi rutin kopi mentega. Saya masih tidak terlalu familiar dengan jenis minuman ini. Apakah benar diet kopi mentega cukup efektif? Apa kandungan dari minuman ini yang baik untuk diet? lalu, bagaimana cara mengonsumsi minuman ini agar diet berhasil?
71 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang PKopi mentega atau butter coffee merupakan tren terbaru cara menikmati kopi. Kopi mentega ini dibuat dengan mencampurkan kopi hitam tanpa gula dan ditambahkan dengan mentega organik yang tidak diberi tambahan garam serta minyak MCT.

Manfaat Kopi Mentega

Beberapa studi mengklaim kopi mentega ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan bahkan untuk diet. Berikut berbagai manfaat kopi mentega:
  • memperpanjang waktu penyerapan kafein sehingga tubuh lebih aktif dalam waktu lama
  • meningkatkan metabolisme
  • mengandung antioksidan
  • memicu pembakaran lemak yang panjang sehingga bisa membantu menurunkan berat badan
  • merasa kenyang lebih lama
Namun kopi mentega ini bukan termasuk dalam kategori minuman sehat. Jika mengkonsumsinya secara rutin setiap hari tanpa dibarengi dengan diet sehat dan olahraga justru dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Dampak Buruk Kopi Mentega

Mentega dan MCT mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol jahat yakni trigliserid dan LDL sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung koroner dan stroke. Selain itu kopi mentega mengandung kalori cukup tinggi sekitar 200-300 kkal yang bisa memicu kenaikan berat badan dan obesitas. Jadi sebaiknya dalam menurunkan berat badan anda cukup melakukan diet sehat secara seimbang yakni mengurangi asupan kalori dan meningkatkan pembakaran kalori yang bisa anda diskusikan bersama pakarnya yakni dokter gizi. Jika sesekali anda ingin mencoba kopi mentega ini anda bisa membuatnya dengan cara:
  • 250ml kopi hitam yang sudah disaring (240ml+2,5sdm kopi)
  • 1 sdm mentega tanpa garam (unsalted butter)
  • 1 sdt minyak MCT atau minyak kelapa (coconut virgin oil)
Semua bahan diblender atau di shake sampai tercampur dan tidak terlihat butiran mentega atau minyak.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
tips dietmakanan dietdiet ketokopi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil