22 Nov 2020, 13:17Penyakit Lainnya

Apakah diet ketofastosis aman untuk usia 20 tahun keatas?

F
Info Penanya: F, Wanita, 26 Tahun
Dokter, akhir-akhir ini diet ketofastosis lagi ramai dibicarakan di Instagram. Saya penasaran dok, apa diet ini aman dilakukan untuk wanita usia 20 tahunan? Bagaimana cara aman untuk melakukan diet ketofastosis dan siapa yang tidak boleh melakukannya?
343 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, FTerima kasih atas pertanyaannya.Diet ketofastosis merupakan salah satu diet yang menggabungkan diet ketogenic dan fastosis.  Ketogenik adalah kontrol makanan yang rendah karbohidrat, protein sedang, serta tinggi lemak.  Sehingga akan menimbulkan efek ketosis dimana karena karbohidara kurang untuk menjadi energi maka lemak yang dibakar menjadi energi.  Sedangkan fatosis adalah fasting atau puasa.  Sehingga digabungkan maka merupakan puasa dengan pengaturan pola makan rendah karbohidrat tinggi lemak atau puasa di kondisi ketosis.  Jarak puasa berbeda-beda tergantung kondisi seseorang namun umumnya 6-18 jam. 

Manfaat diet ketofastosis :

  • Membantu mempercepat penurunan berat badan.
  • Meningkatkan kerja otak.
  • Mencegah penyakit berisiko seperti diabetes.
Diet ketofastosis aman dilakukan dengan catatan bahwa kondisi kesehatan secara keseluruhan baik serta memiliki tekad yang kuat untuk mencapai berat badan ideal. Diet jenis ini tidak diajurkan pada seseorang dengan riwayat gangguan pencernaan, ibu hamil, serta menyusui.Awal menjalani diet ketofastosis dilakukan dengan bertahap terlebih dahulu untuk membiasakan tubuh membakar lemak untuk sumber energi.  Selain itu, perlu juga melakukan pengecekan keton secara berkala, memastikan kalori yang didapat cukup sehingga tidak mengakibatkan gangguan kesehatan akibat pola diet yang salah. Ada baiknya anda konsultasi dengan dokter gizi terlebih dahulu sebelum menjalani diet ketofastosis karena diet ini tidak semua orang dapat melakukannya.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
makanan dietdiet ketointermittent fastingmenurunkan berat badan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil