Apakah di dalam vagina ada yang menjendol?

N Info Penanya: N
Dok saya mau tanya,apakah didalam vagina terdalam(serviks) memang agak menjendol? Atau seharusnya didalam vagina itu rata?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Terabanya benjolan atau jendolan di dalam vagina adalah tanda adanya mulut rahim yang teraba. Mulut rahim atau serviks sendiri bisa teraba di bagian terdalam vagina. Selain itu dinding vagina juga memiliki tekstur yang tidak rata sehingga bisa dirasakan seperti adanya benjolan-benjolan kecil disekelilingnya. Hal tersebut adalah normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Jika ada gangguan lain seperti misalnya benjolan di area vagina, adanya teraba massa atau sesuatu yang dirasa tidak normal, terdapat keputihan yang disertai gejala lain, adanya perdarahan diluar siklus menstruasi ataupun keluhan lain segera periksakan pada dokter agar dipastikan penyebabnya. Upayakan menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim agar terlindung dari risiko gangguan kesehatan yang bisa terjadi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Klorin kini tidak lagi digunakan dalam bahan produksi pembalut

Kupas Tuntas Klorin, Zat Kimia Berbahaya pada Pembalut

Klorin memang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, namun zat ini sudah tidak lagi digunakan dalam produksi pembalut sejak 1990-an.