29 May 2020, 09:16Psikologi

Emosi berlebihan dan ingin mengakhiri hidup, apakah depresi?

A
Info Penanya: A, Wanita, 14 Tahun
Dok, setiap aku punya masalah terutama masalah keluarga, aku selalu memiliki niat untuk bunuh diri. sampai sekarang, udah lebih dari 5 kali aku ngalamin ini. Aku ngerasa kalau aku tuh selalu salah dalam berbuat sesuatu. Akhir - akhir ini, aku juga sulit tidur saat malam hari. aku juga sering meluapkan emosi ku secara berlebihan. Tapi entah kenapa, aku selalu merasa tertekan kalau di rumah. Sedangkan saat berpergian keluar rumah sendirian, atau bersama teman rasanya senang .Kira2 apa solusinya ?
9207 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, A.Emosi yang berlebihan dapat terjadi karena berbagai gangguan mental dan emosional. Beberapa diantara gangguan tersebut dapat berupa stres, depresi, dan bentuk gangguan suasana hati lainnya. Mengenai keluhan Anda yang disertai keinginan untuk mengakhiri hidup, mungkin dapat mengarah pada keadaan depresi, namun perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya karena membutuhkan tahapan-tahapan yang kompleks dalam menentukan diagnosis gangguan mental dan emosional serta harus dilakukan oleh ahli, yang dalam hal ini adalah Psikolog dan Psikiater. 

Adapun beberapa gejala yang mengarah pada gangguan depresi yang meliputi :

  • Hilangnya keinginan dan perasaan senang pada berbagai aktivitas (anhedonia)
  • Suasana hati cenderung untuk terus murung dan tertekan, pada anak-anak dan remaja, dapat berupa kekesalan atau kemarahan. 
  • Mengalami gangguan tidur (baik kesulitan tidur/insomnia atau kecenderungan untuk terus tidur/hypersomnia) 
  • Adanya gangguan nafsu makan yang signifikan dan perubahan berat badan, pada anak-anak, dapat terjadi kegagalan pencapaian kenaikan berat badan yang ideal 
  • Perasaan tidak berguna dan tidak berharga
  • Kesulitan untuk melakukan hal-hal sehari-hari
  • Kecemasan yang berefek pada perilaku seperti mengelilingi ruangan atau mengetuk-ngetukan kaki 
  • Kehilangan energi ataupun kelelahan
  • Pikiran berulang tentang kematian, keinginan untuk bunuh diri hingga telah melakuan upaya yang mengarah
  • Penuruhan kemampuan untuk berpikir atau berkonsentrasi yang dibarengi dengan keragu-raguan
Apabila Anda merasakan beberapa gejala yang serupa, ada baiknya untuk dikomunikasikan pada orang tua atau wali Anda untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda alami. Jika permasalahan bersumber dari rumah cobalah dahulu untuk berbicara dari hati ke hati dengan orang tua. Dan jika memungkinkan pergilah bersama ke Psikolog atau Psikiater untuk mendapatkan bantuan.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
depresistresgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil