Apakah depresi bisa menyebabkan kematian dini ?

WA Info Penanya: WA, Wanita, 16 Tahun
Assalamu'alaikum dok..Saya akhir2 ini bru menyadari bhwa saya mengalami depresi Skizofrenia, awalnya saya tdk percaya krna usia saya yg msih 16 thn saya mengalami ini.. Dok apa benar depresi bsa menyebabkan kematian dini ??Syukron,Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Skizofrenia adalah salah satu gangguan mental dimana penderitanya mengalami halusinasi atau waham. Halusinasi adalah adanya obyek namun dipersepsikan beda oleh penderitanya, misal adanya asap bisa dipersepsikan sebagai makhluk halus oleh penderita skizofrenia. Sedangkan istilah waham adalah tidak adanya obyek namun penderita seperti melihatnya, misal tidak ada orang namun penderita merasa seperti melihat ada orang, atau mendengar suara-suara aneh. Penderita juga mengalami susah konsentrasi, ada orang lain yang mengendalikan pikirannya, serta ekspresi wajah menjadi datar. Skizofrenia ini sering menyerang usia 16-30 tahun, gejalanya bisa muncul secara perlahan-lahan atau mendadak.

Sedangkan depresi adalah keadaan dimana seseorang merasa mudah sedih, marah, suka menyendiri, hilang napsu makan, lebih sering tidur atau malah susah tidur, hilangnya minat terhadap hal-hal yang sebelumnya dirasakan menyenangkan, hingga ada kecenderungan untuk mencelakai diri sendiri ataupun orang lain. Hal ini disebabkan oleh adanya beban/ masalah berat yang dihadapi dan penderita gagal mengatasi atau beradaptasi.

Bila Anda mengalami dan merasakan keduanya maka kemungkinan Anda mengalami gangguan skizoafektif yakni gabungan antara skizofrenia dengan depresi.

Perihal apakah bisa menyebabkan kematian dini, maka pada penderita depresi berat dan tidak ditangani dengan segera ada kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri dan sering berusaha untuk melakukan percobaan bunuh diri. Sehingga sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke psikiater agar bisa ditangani dengan cepat dan tepat sesuai dengan keluhan-keluhan yang Anda rasakan. Semakin cepat berobat akan semakin baik hasilnya. Ajak anggota keluarga untuk mendampingi Anda saat melakukan pemeriksaan ke psikiater.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita skizofrenia hebefrenik sering menunjukkan perilaku tak bertanggung jawab seperti anak-anak

Mengenali Gejala Gangguan Mental Skizofrenia Hebefrenik

Skizofrenia adalah gangguan mental serius yang paling terjadi. Salah satunya adalah skizofrenia hebefrenik. Gejalanya adalah lebih suka menyendiri, sering senyum sendiri, dsb.