09 Dec 2019, 12:05Penyakit Lainnya

Apakah deodoran menyebabkan muncul benjolan di ketiak?

Y
Info Penanya: Y, Pria, 35 Tahun
Assalamualaikum dokter. Baru-baru ini saya melihat ada benjolan kecil-kecil seperti daging tumbuh di ketiak sebelah kiri saya dok. Sudah 2 mingguan ada dan awalnya tidak terasa sakit, tapi sekarang agak sakit sedikit. Saya kurang tahu penyebabnya kenapa, tetapi memang saya rutin menggunakan deodorant dok. Adakah hubungan deodorant dengan tumbuhnya benjol tersebut dok? Mohon sekali penjelasannya. Terima kasih.
17683 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, K.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Benjolan merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan. Benjolan dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh, tidak terkecuali di ketiak. Benjolan di daerah ketiak dapat disebabkan oleh berbagai faktor, berkisar dari yang ringan hingga yang berat. Penyebab tersering dari benjolan di ketiak adalah pembesaran kelenjar getah bening (KGB) karena terdapat lebih dari 20 KGB di daerah ketiak yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Pembesaran KGB tersebut dapat terjadi ketika tubuh mengalami infeksi, hal tersebut terjadi sebagai efek samping dari sistem kekebalan tubuh yang memerangi oraganisme penyebab infeksi seperti bakteri virus dan parasit.

Berikut juga beberapa penyebab lainnya dari benjolan di ketiak :

Terkait keluhan Anda. penanganan dari benjolan ini perlu terlebih dahulu diketahui akar penyebabnya. Pada benjolan yang terjadi karena pembesaran kelenjar KGB, penangannannya adalah mencari sumber infeksi dan mengobati sumber infeksi tersebut. Apabila sumber infeksi sudah tertangani, umumnya benjolan akan mengecil hingga menghilang dengan sendirinya. begitu pula jika benjolan terjadi karena peradangan dan infeksi seperti pada folikulitis, dimana terjadi peradangan folikel rambut yang pada kasus Anda mungkin terjadi akibat penyumbatan pori-pori kulit di sekitar folikel rambut yang dipicu oleh penggunaan produk deodoran tertentu lalu terinfeksi oleh bakteri atau jamur, pengobatannya adalah pemberian antibiotik atau anti jamur. Sedangkan benjolan yang bukan disebabkan oleh infeksi akan diperiksa lebih lanjut dan mungkin perlu prosedur tindakan untuk mengatasinya.

Sedangkan pada benjolan dengan penyebab yang lebih berat seperti keganasan, terdapat beberapa ciri yang dapat Anda perhatikan, yakni :

  • Ukuran yang bertambah besar
  • Konsistensinya keras
  • Tidak dapat digerakkan, melekat ke jaringan sekitar 
  • Menghasilkan benjolan lainnya
Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, sebaiknya Anda periksakan benjolan tersebut secara langsung ke dokter. Apabila nyeri sangat mengganggu, untuk sementara Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek bergolongan asetaminofen.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
benjolfolikulitishidradenitis suppurativa
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil