Apakah dengan sering minum jus wortel, vitamin A dan pijatan mata bisa menyembuhkan mata minus

SS Info Penanya: SS, Wanita, 17 Tahun
Apakah benar dengan sering minum jus wortel, vitamin A dan melakukan pijatan mata secara teratur dapat menyembuhkan mata minus/miopia ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SS,

Mata minus atau miopia merupakan salah satu gangguan refraksi atau gangguan penglihatan yang banyak terjadi. Hal ini dapat dipicu oleh bentuk bola mata yang terlalu panjang sehingga cahaya masuk mata tidak di fokuskan dengan benar. Gejala yang dirasakan adalah kesulitan untuk melihat benda di kejauhan, merasa sulit membaca huruf yang lebih kecil atau huruf dikejauhan, sering memicingkan mata, mata berkedip lebih sering, perlu duduk lebih dekat seperti di kelas atau jika melihat televisi.

Vitamin A dan wortel sendiri memang baik untuk mata tetapi tidak bisa menyembuhkan mata minus. Untuk mengoreksi mata minus sendiri dapat dilakukan dengan pengukuran tajam penglihatan dan kemudian dikoreksi menggunakan kacamata atau lensa kontak yang sesuai dengan beratnya mata minus. Selain itu dapat juga dilakukan koreksi dengan tindakan operatif seperti operasi LASIK

Selain penanganan tadi, belum ada terapi yang terbukti efektif bisa mengatasi mata minus seperti misalnya pemijatan bola mata atau penggunaan tetes mata tertentu. Periksakan kondisi mata pada dokter mata secara berkala agar mata tetap terkoreksi dengan tepat sehingga bisa melihat dengan baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan bermain di gadget dapat meningkatkan risiko anak memakai kacamata

4 Cara Mengobati Mata Minus untuk Si Kecil

Rabun jauh atau mata minus adalah gangguan mata yang membuat anak kesulitan untuk melihat objek dari jarak yang jauh. Hal itu terjadi akibat kebiasaan bermain gadget yang terlalu lama. Jika anak mengalami rabun jauh, segera periksakan ke dokter untuk pemberian kacamata anak. Selain itu, cara mengobati mata minus pada anak dapat dilakukan dengan tetes mata atropin.