03 Feb 2021, 16:20Kanker

Apakah menekan payudara dapat menyebabkan kanker ?

HT
Info Penanya: HT0
dok kan kemaren saya menekan" payudara tapi nekannya keras banget bcos want to make sure aja kalo ada benjolan or not, tapi abis diteken" paginya payudara saya nyeri, apakah karena ditekan" dg keras dapat menyebabkan kanker payudara ya dok? thank you
235 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Kesehatan tubuh termasuk payudara harus dijaga dengan baik. Selain menjaga kesehatan, dengan menerapkan pola hidup yang sehat, bahkan dilakukan sejak muda, kita sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin kesehatan untuk mendeteksi sebuah penyakit, agar dapat segera diobati sehingga tidak menimbulkan komplikasi. Pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat dilakukan seperti medical check up mulai dari pemeriksaan fisik, laboratorium, rongent, urin, maupun USG. Semua pemeriksaan diarahkan seseuai dengan gejala, usia, faktor risiko penyakit yang kita hadapi. 

Apakah menekan payudara dapat menyebabkan kanker ?

Salah satu pemeriksaan payudara yang harus kita lakukan adalah pemeriksaan payudara sendiri atau yang dikenal dengan istilah SADARI. Pemeriksaan payudara sendiri ini dapat dilakukan saat seseorang sedang berdiri, berbaring, atau saat mandi.Cara pemeriksaan payudara sendiri dengan menekan lembut payudara gerakan memutar, diiulangi dnegan penekanan yang lebih kuat, hingga keras, untuk melihat apakah ada cairan yang keluar dari payudara seperti nanah atau darah, benjolan yang terasa, perubahan kulit payudara menjadi seperti kulit jeruk, dan apakah ada penarikan puting ke arah dalam.Penekanan terlalu kuat di payudara akan menyebabkan payudara terasa nyeri, namun tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kanker payudara. Penyebab kanker payudara yang hingga saat ini belum diketahui secara pasti, dapat dipicu oleh genetik, konsumsi makanan yang karsinogenik, gaya hidup tidak baik, merokok, menggunakan kontrasepsi hormonal, maupun karena tidak menyusui bayi.Jika Anda mempunyai benjolan di payudara, terutama yang terus membesar, menimbulkan rasa nyeri, keluar cairan dari puting, diikuti penurunan berat badan, segera lakukan pemeriksaan di dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kanker payudaratumor jinak payudaraabses payudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil