Apakah dari hasil laboratorium, bisa diketahui seorang anak sakit TBC ?

CD Info Penanya: CD, Wanita
Dok apakah jika trombosit dan leokosit tinggi, apakah bsa positif tbc. Krn sdah d rontgen dsaran kan tes mantoux.. Ini yg sakit anak saya.. Mohon beri saran dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, CD.

Untuk menegakkan suatu diagnosis penyakit diperlukan tanya-jawab, pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang seperti laboratorium, rontgen dll.

Terkait penyakit TBC pada anak, jika seorang dokter mencurigai  anak menderita TBC yaitu dari hasil anamnesa (tanya-jawab) di dapatkan gejala TBC dan pemeriksaan fisik menunjukan tanda terinfeksi kuman TBC. Dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang seperti laboratotium, rontgen dan tes mantoux untuk memastikan diagnosis. 

Jadi jika hanya melihat peningkatan trombosit dan leukosit tinggi saja, tanpa memperhatikan hasil anamnesa, pemeriksaan fisik dan penunjang maka tidak bisa kita simpulkan bahwa anak anda terkena TBC.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ikut cara minum obat TBC yang benar sesuai anjuran dokter

Bagaimana Cara Minum Obat TBC yang Benar?

Mengonsumsi obat TBC tidaklah mudah. Faktanya, penderitanya perlu menjalani pengobatan TBC dalam jangka waktu yang panjang. Cara minum obat TBC yang benar perlu diterapkan untuk menghindari kambuhnya TBC dan munculnya resistensi antibiotik.