Apakah darah haid atau darah flek tanda hamil?

KU Info Penanya: KU, Pria, 26 Tahun
setelah 5 hari telat datang bulan, stelah itu keluar darah tidak disertai nyeri, apakah itu darah haid atau darah flek tanda hamil.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KU,

Keluar darah atau flek bisa merupakan tanda kehamilan jika sel telur yang dibuahi menempel atau sebagai tanda implementasi sel telur di dindnig rahim. Biasanya timbul sekitar 1 minggu setelah pembuahan. Jika sebelumnya terlambat haid lalu timbul flek bisa mungkin disebabkan oleh hal tersebut tetapi jika keluar darah yang lebih banyak dan deras maka bisa mungkin terjadi keterlambatan haid yang dilanjutkan dengan menstruasi.

Selain karena tanda kehamilan, flek perdarahan juga bisa timbul karena beberapa penyebab lain seperti gangguan pada saluran reproduksi akibat adanya tumor jinak, adanya polip ataupun perdarahan pasca hubungan seksual karena gesekan atau cedera di area kemaluan wanita.

Untuk memastikannya dapat dilakukan pemeriksaan kehamilan menggunakan testpack dimana jika masih negatif dapat diulang 2 minggu kemudian sambil memperhatikan tanda kehamilan lain yang timbul pada diri pasangan Anda tersebut. Pemeriksaan juga bisa dilakukan pada dokter agar dipastikan hamil atau tidak melaui pemeriksaan USG. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.