Apakah Dampak Laser Mata Terhadap Sel-sel Mata ?

SN Info Penanya: SN
Dok, saya ingin bertanya. Apakah dampak dari orang yang melakukan laser mata untuk mengobati rabunnya terhadap sel sel matanya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SN,

Terima kasih atas pertanyaannya.

LASIK atau biasa disebut tindakan laser mata adalah prosedur operasi mata untuk mengatasi gangguan penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, dan silindris. Setelah tindakan LASIK, keluhan yang sering timbul adalah mata kering atau dry eye. Hal ini disebabkan banyaknya penguapan air pada bagian mata selama proses tindakan.

Pada LASIK, bagian mata yang dilakukan tindakan hanya bagian kornea. Bagian yang akan mengalami perubahan pun hanya bagian kornea, bagian mata yang lainnya tidak. Kornea akan dibentuk sesuai  bentuk Kornea normal sehingga penglihatan pasien akan menjadi normal kembali tanpa perlu bantuan kacamata ataupun lensa kontak. Sebagian kecil jaringan kornea akan diambil menggunakan sinar laser tergantung yang dibutuhkan. 

Jika Anda ingin melakukan tindakan LASIK, Anda dapat segera konsultasi dengan dokter spesialis mata Anda untuk mengetahui secara rinci mengenai prosedur tindakannya.

Berikut ini saya lampirkan artikel LASIK menggunakan BPJS dan Luka Pada Kornea untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Indirasthi Dwi Astari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit glaukoma merusak saraf optik mata, yang bisa menyerang lansia.

Kenali Berbagai Gejala Glaukoma yang Bisa Serang Lansia

Glaukoma merupakan sebuah kondisi yang merusak saraf optik mata, dan akan memburuk seiring berjalannya waktu. Gejala glaukoma sering tidak dirasakan penderitanya.