Apakah cherubism disease termasuk tumor?

PT Info Penanya: PT, Pria
Apakah cherubism disease termasuk tumor rahang?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore PT,

Cherubism disease adalah suatu kondisi kelainan genetik pada tulang dimana terjadi perubahan karakter pada tulang rahang yang bisa membesar di kedua sisi secara progresif tanpa rasa sakit. Kasusnya sendiri sangat jarang atau langka.

Kondisi ini disebabkan oleh gangguan genetik dimana terjadi kelainan genetika yang diturunkan melalui autosomal dominan. Cherubism disease sendiri terbagi menjadi beberapa grade yaitu grade 0 sampai VI tergantung dari gejala yang timbul. Cherubism disease bukan tumor tetapi gejalanya mirip dengan tumor dan keganasan kanker sehingga bisa disangka sebagai tumor atau keganasan tulang.

Perlu dilakukan konseling oleh dokter ahli genetik bagi keluarga yang memiliki riwayat Cherubism disease karena transmisi penurunan bisa mencapai 50% sehingga perlu dilakukan persiapan pada penderita atau keluarga dengan riwayat yang bisa menjadi carrier atau pembawa kelainan genetik ini. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh PT
31 Oct 2019, 23:42
Saya sudah konsul dengan beberapa dokter. Untuk pasien umur 3 tahun apakah belum diperbolehkan operasi. Untuk penyembuhannya sendiri, apa tindakan yang tepat? Apa berbeda dengan penanganan tumor? Adakah jenis obat untuk dikonsumsi? Terima kasih..
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

AAP mengeluarkan rekomendasi baru dalam perawatan hemangioma (tumor pembuluh darah) pada bayi

Waspadai Tanda Hemangioma pada Bayi yang Harus Segera Ditangani!

American Academy of Pediatrics mengeluarkan rekomendasi baru dalam perawatan hemangioma (tumor pembuluh darah) pada bayi. Pedoman ini merekomendasikan identifikasi dan penanganan dini kasus-kasus hemangioma infantil yang dapat menyebabkan jaringan luka parut atau masalah medis lainnya.