12 Jun 2020, 16:13Kulit & Kelamin

Apakah chemical peeling pasti menyebabkan pengelupasan kulit wajah?

SA
Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dok kemarin saya ada melakukan treatment chemical peeling di klinik kecantikan, tapi hingga sekarang masih belum terjadi pengelupasan. Apakah berarti treatment nya ga efektif ya, dok? Biasanya berapa hari hingga terjadi pengelupasan ya?
19536 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat sore, S.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Chemical peeling atau peeling wajah adalah salah satu jenis perawatan kulit wajah yang bertujuan mempercantik kulit dengan cara mengangkat lapisan kulit yang paling luar. Peeling wajah mengandung bahan-bahan kimia yang aman untuk kulit. Ada beberapa kondisi kulit yang membuat seseorang melakukan perawatan chemical peeling yaitu adanya kerutan tanda penuaan di kulit wajah, garis-garis halus di area mata dan mulut, warna kulit yang gelap dan tidak merata, kulit kemerahan, kerusakan kulit akibat sinar UV, melasma, bekas luka di wajah, dan flek hitam bekas jerawat.

Jenis chemical peeling

Ada beberapa jenis chemical peeling, yaitu:
  • Superficial chemical peeling atau peeling wajah ringan yang hanya mengangkat sel-sel kulit mati bagian paling luar (epidermis). 
  • Medium chemical peeling atau peeling wajah sedang. Mengangkat sel-sel kulit mati dari lapisan epidermis dan bagian atas dermis. Seperti misalnya pada bekas jerawat, kerutan wajah, dan warna kulit tidak merata.
  • Deep chemical peeling atau peeling wajah dalam. Ini mengangkat sel kulit mati sampe bagian tengah dan bawah lapisan dermis. Seperti pada kasus kerutan wajah yang lebih dalam, kerusakan kulit akibat sinar UV, bekas luka, dan kelainan kulit prakanker. 
Kondisi kulit pasien setelah dilakukan chemical peeling hampir mirip dengan luka bakar akibat terkena sinar UV. Kulit akan mengalami kemerahan selama 3-7 hari. Sedangkan pada peeling wajah sedang dan dalam, pasien akan mengalami pembengkakan dan pengelupasan kulit selama 7-14 hari.Proses pengelupasan kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Itu tergantung kondisi kulit wajah masing-masing orang. Jadi, tidak ada patokannya. Mungkin pada kasus Anda ini, peeling yang digunakan merupakan peeling wajah yang ringan sehingga tidak membuat kulit wajah Anda mengelupas. Walaupun begitu, bukan berarti perawatan ini tidak efektif. Tetap efektif di kulit wajah Anda, hanya saja tidak memberikan efek samping. Salam sehat,dr. Ester
kulit sehatperawatan kulitperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil