Apakah cantengan di kuku kaki berbahaya?

MT Info Penanya: MT, Wanita, 2019 Tahun
apakah cantengan di kuku kaki itu berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MTSS

Terimakasih sudah bertanya di Forum SehatQ.

Cantengan adalah infeksi pada jaringan lunak sekitar kuku. Dimulai dari kemerahan pada kulit dan bisa berkembang menjadi radang disertai nanah akibat infeksi. Pada kondisi akut akan terasa nyeri disertai nanah biasanya disebabkan infeksi bakteri. Sedangkan pada kondisi kronis biasanya disebabkan infeksi jamur.

Jika segera diobati biasanya akan sembuh dengan baik, tapi bila tidak diobat bisa menjadi infeksi lebih serius. Karena menyebar ke jaringan sekitarnya dan menyebabkan demam tinggi. Terutama pada pasien dengan daya tahan tubuh rendah.

Cara mengobatinya tergantung derajat keparahan penyakitnya. Jika masih dalam kondisi awal tanpa ada produksi nanah biasanya direndam menggunakan air hangat 3-4x / hari. Bila muncul tanda radang, maka diberikan antibiotik. Terutama pada mereka yang memiliki riwayat diabetes. Jika telah timbul nanah maka nanah perlu dikeluarkan oleh dokter untuk menanganinya.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain psoriasis, cacar api, eksim, dan rosacea juga termasuk masalah kulit orang dewasa

7 Jenis Masalah Kulit Orang Dewasa yang Harus Diwaspadai

Ada 7 jenis masalah kulit yang rentan dialami orang dewasa, salah satunya virus cacar api. Virus cacar menimbulkan rasa gatal, panas seperti terbakar, dan luka yang sangat sensitif pada kulit.