12 Jan 2021, 05:13Gigi & Mulut

Apakah Candistin aman untuk mengatasi sariawan pada anak?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dok, saat anak sariawan apa perlu obat sariawan candistin atau adakah obat sariawan lainnya yang aman untuk anak?
124 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, SL.Sariawan merupakan benjolan kecil berwarna merah atau putih di sekitar bibir dan lidah yang menimbulkan rasa nyeri serta tidak nyaman di mulut. Rasa perih akibat sariawan ini juga membuat anak tidak mau makan atau minum, dan menjadi lebih rewel sehingga orang tua merasa khawatir terutama sang Ibu. Banyak penyebab terjadinya sariawan salah satunya adalah gigitan yang tidak sengaja pada bibir.

Apa penyebab sariawan pada anak ?

Penyebab sariawan pada anak anatar lain :
  • Gigitan yang tidak sengaja pada bibir dan lidah saat anak makan atau berbicara.
  • Kebersihan gigi dan mulut yang tidak dijaga dengan baik.
  • Kebiasaan anak memasukkan mainan atau benda apa saja ke mulut.
  • Sistem imun anak yang kurang baik sehingga penyakit gampang masuk.
  • Infeksi jamur pada mulut.

Apakah candistin aman untuk mengatasi sariawan pada anak ?

Pengobatan sariawan harus berdasarkan penyebab terjadinya sariawan tersebut. Selain itu anak harus menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan membiasakan diri untuk menyikat gigi secara teratur saat bangun tidur dan sebelum anak tidur. Hentikan kebiasaan mengempeng atau menggunakan dot terlalu lama. Hindari kebiasaan memasukkan barang terutama barang yang tidak dijaga kebersihannya. Minum yang cukup, dan makan makanan yang berigizi kaya akan vitamin, terutama vitamin C. Selain itu, ada beberapa obat untuk meredakan gejala sariawan pada anak antara lain obat pereda nyeri seperti parasetamol seseuai dosis untuk anak, kombinasi salap kortikosteroi dan antibiotik jika sariawan terinfeksi, besar dan meradang, obat saraiwan anti jamur yag mengandung nystatin seperti candistin jika penyebab sariawan karena infeksi jamur. Obat ini tergolong aman diberikan untuk anak-anak.

Bagaimana cara penggunaan candistin untuk mengatasi sariawan pada anak ?

Cara penggunaan candistin untuk mengatasi sariawan pada anak dengan mengoleskan sariawan 1 hingga 6 ml obat candistin sebanyak 4 kali dalam sehari. Pengobatan dilakukan selama sariawan ada dan dilanjutkan hingga 2 hari setelah gejala menghilang. Jika sariawan makin banyak, bertambah nyeri, mengeluarkan nanah, anak tidak bisa makan atau minum, disertai penurunan berat badan, segera bawa anak ke dokter spesialis anak untuk penanganan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan mulutinfeksi jamursariawan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil