Apakah calamine lotion bisa atasi gatal yang berhari-hari?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, gimana ya cara mengatasi gatal di kaki yang sudah berhari-hari? Apa lotion gatal seperti calamine lotion bisa digunakan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Gatal adalah sebuah kondisi yang membuat refleks ingin menggaruk. Sensasi ini seringkali mengganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman, apalagi ketika dialami berhari-hari. Gatal bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Penyebab Gatal Berhari-Hari

Biasanya, gatal pada kaki yang berlangsung berhari-hari disebabkan oleh kondisi tertentu, di antaranya:

  • Infeksi bakteri
  • Tinea pedis, yaitu infeksi kaki karena jamur
  • Dermatitis kontak iritan, yaitu iritasi karena bahan-bahan tertentu
  • Dermatitis atopi
  • Neurodermatitis
  • Psoriasis, yaitu penyakit kulit kronis yang diduga berhubungan dengan kondisi autoimun
  • Dan berbagai penyebab lainnya

Calamine lotion adalah salah satu obat oles dari golongan antihistamin dan antipruritik, yang berfungsi untuk mengurangi rasa gatal. Untuk penanganan awal, calamine lotion memang dianjurkan. Selain itu, Anda juga bisa mengompres daerah yang gatal dengan handuk dingin. Hindari menggaruk agar tidak terjadi infeksi lanjutan.

Akan tetapi, penyebab gatal tetap harus diperiksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat diberikan penanganan lain yang sesuai. Sebagai contoh, obat atau salep antijamur juga diperlukan pada kondisi infeksi jamur. Sedangkan pada kondisi dermatitis atopi, perlu dilakukan pemeriksaan penunjang misalnya prick test, patch test, atau laboratorium IgE atopy untuk mengetahui penyebab alerginya, dan kemudian dihindari.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Marula oil berasal dari buah tanaman marula yang banyak tumbuh di Afrika

Cari Minyak untuk Kecantikan yang Serba Guna? Marula Oil Solusinya

Marula oil adalah minyak yang diolah dari tanaman marula yang berasal dari Afrika. Minyak ini mulai mendapat perhatian pecinta skincare karena kandungan dan manfaatnya yang beragam. Manfaat marula oil tersebut bisa dirasakan oleh kulit, rambut, bahkan kuku.