Apakah cairan praejakulasi dapat membuat hamil ?

KD Info Penanya: KD, Pria, 24 Tahun
Halo dok izin bertanya,saya laki2 waktu itu cairan praejakulasi keluar, lalu sempat oral seks oleh pasangan, setelah oral tidak sengaja jari saya tersentuh kelamin saya, lalu setelah itu jari saya, mengalami kontak dengan kain celana dan kaos, setelah mengalami kontak petting dengan jari, apakah itu memiliki resiko kehamilan ? Terimakasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KD,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Cairan praejakulasi berasal dari kelenjar Cowper. Merupaka kelenjar yang sangat kecil terletak di dasar penis. Fungsi dari cairan ini untuk melumaskan uretra sehingga mempermudah air mani untuk dialirkan keluar.

Setiap laki-laki memiliki kapasitas cairan praejakulasi yang berbeda-beda. Ada yang banyak mengeluarkan cairan sebelum ejakulasi terjadi, ada pula yang tidak sama sekali mengeluarkan cairan praejakulasi sepanjang berhubungan seksual.

Sperma yang terkandung di dalam cairan praejakulasi memang sedikit, dibandingkan saat ejakulasi. tapi tidak bisa di simpulkan bahwa cairan praejakulasi tersebut meningkatkan risiko kehamilan, dan juga tidak serta merta Anda terbebas dari risiko kehamilan akibat cairan praejakulasi. Anda dan pasangan tidak tahu apakah cairan tersebut mengandung sperma atau tidak.

Kehamilan dapat terjadi saat sperma berada di dalam atau di sekitar lubang vagina. Kita tidak tahu persis sperma mana yang berhasil membuahi sel telur. Untuk itu, seks aman tetap harus dilakukan. Untuk menghindarinya Anda mungkin bisa menggunakan kondom.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh KD
03 Jul 2020, 16:41
jadi dengan kronologi seperti itu bagaimana dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
05 Jul 2020, 07:17
Selamat pagi, KD.
Seperti yang telah dijelaskan diatas, Risiko untuk terjadinya kehamilan akan meningkat ketika sperma berada di dalam atau di sekitar lubang vagina. Namun tidak dapat diketahui persis peluangnya. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Kandungan.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda dan ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang bisa dikenali

Ciri-ciri Hamil Muda yang Bisa Dikenali pada 1 Minggu Pertama dan Cara Menjaga Kandungannya

Kehamilan biasanya baru terdeteksi setelah 4 minggu. Namun, Anda bisa mulai menunjukkan ciri-ciri hamil muda sejak 1 minggu pertama setelah telat haid.