Apakah cabut gigi harus disertai dengan alasan khusus?

SL Info Penanya: SL
Dok, apa cabut gigi harus selalu disertai dengan alasan khusus? saya ingin mencabut gigi yang di samping, karena gingsulnya cukup mengganggu. Mohon infonya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Mempunyai gigi yang bersih,sehat, putih dan kuat merupakan idaman setiap orang baik pria maupun wanita disegala usia. Keluhan sakit gigi kerap kali memicu seseorang untuk ingin melakukan pencebutan pada giginya. Padahal, pencebutan gigi tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa alasan yang tepat.

Adapun beberapa kondisi yang memungkinkan untuk dilakukan pencabutan gigi adalah:

  • Adanya infeksi parah pada gigi
  • Adanya kerusakan gigi yang sudah mencapai akar gigi dan tidak bisa dilakukan perbaikan atau penambalan
  • Susunan gigi yang berantakan
  • Adanya infeksi parah pada gusi
  • Kondisi lainnya seperti, gigi patah gingga akar , kondisi gigi yang berlebih atau tidak sesuai, dan lain sebagainya

Terkait dengan tidakan pencabutan gigi sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi, dan telah dilakukan pemeriksaan fisik sebelumnya, hal ini dikarenakan adanya komplikasi saat dilakukan pencabutan gigi seperti adanya pembengkakan, risiko infeksi, perdarahan dan lain sebagainya. Untuk itu, alangkah baiknya bila Anda memeriksakan diri ke dokter gigi terdekat terlebih dahulu sebelum melakukan pancebutan gigi Anda.

Usahakan tetap menjaga kebersihan rongga mulut, gosok gigi sesudah makan dengan menggunakan pasta gigi dan juga sikat gigi yang sesuai dengan kondisi gigi dan gusi Anda, konsumsilah makanan yang bergizi simbang, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, hindari kopi / alkohol / minuman bersoda / merokok, dan lakukanlah olahraga rutin agar badan tetap sehat dan bugar. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi abrasi gigi

Mengenal Penyebab dan Cara Menangani Abrasi Gigi

Abrasi gigi umumnya disebabkan oleh cara menyikat gigi yang salah. Tak perlu khawatir, kondisi ini bisa diatasi dengan pembuatan crown atau penambalan gigi.