Apakah cabut akar gigi bisa menggunakan bius total ?

ZI Info Penanya: ZI, Pria, 25 Tahun
Dok apakah mencabut akar gigi bisa menggunakan bius total , dan apakah di poli gigi menyediakan nya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Z.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pencabutan akar gigi biasanya dilakukan pada saat pencabutan gigi. Akar gigi dicabut disebabkan karena proses peradangan pada gigi yang sudah merusak hingga ke saraf gigi sehinggga perlu dilakukannya pencabutan pada akar. Biasanya penyebabnya karena gigi yang berlubang, gigi yang rusak, gigi yang patah, gigi ngilu, dll.  Gigi yang berlubang jika dibiarkan lama kelamaan akan merusak saraf gigi. Jadi harus segera ditangani dengan menggunakan gel fluoride pada gigi, tambal gigi, dan mencabut gigi.

Proses pencabutan gigi biasanya dilakukan dengan cara melakukan pembiusan lokal terlebih dahulu pada gigi yang hendak dicabut. Lalu, jika bius sudah mulai bekerja, maka dokter akan menggoyangkan gigi tersebut dengan alat hingga mudah untuk dicabut. Lalu, setelah gigi dirasa sudah cukup untuk dicabut, maka dokter akan melakukan sayatan sedikit pada daerah gusi sehingga gigi mudah untuk ditarik. Setelah itu, dokter akan meminta pasien untuk menggigit kasa steril untuk mengurangi perdarahan.

Biasanya dalam pencabutan akar gigi juga sama sistemnya dengan pencabutan gigi. Bius yang digunakan merupakan bius lokal bukan total. Kecuali, jika hendak dilakukan pembedahan pada rongga mulut Anda, maka akan diberikan bius total. Untuk itu, saya sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu agar dapat diperiksa langsung.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menjaga kesehatan gigi dan mulut tidaklah sulit

Tips Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Bebas Bau Mulut dan Ompong

Menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak kalah pentingnya dengan merawat organ tubuh lainnya. Melindungi kesehatan gigi dan mulut sebenarnya mudah, cukup dengan menggosok gigi yang benar dan melakukan flossing setidaknya sehari sekali.