12 Jan 2021, 05:13Penyakit Lainnya

Apakah Bye Bye Fever aman untuk bayi usia 4 bulan?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dok, apakah bayi usia 4 bulan boleh menggunakan bye bye fever saat panas tinggi?
4135 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, SL.Saat bayi atau anak panas tinggi, membuat orang tua, terutama ibu semakin panik, cemas, takut, khawatir jika bayi akan mengalami kejang atau step. Panas tinggi yang terjadi pada bayi merupakan suatu mekanisme pertahanan tubuh saat melawan dan bertarung dengan virus dan bakteri yang ada dan mencoba menginfeksi tubuh bayi.

Apa penyebab bayi mengalami panas tinggi ?

Suhu tubuh bayi dikatakan panas tinggi jika suhu tubuh lebih dari suhu tubuh normal yaitu 36,5 derajat hingga 37,5 derajat. Demam ini dapat naik secara perlahan atau tiba-tiba. Demam dapat merupakan tanda sebuah penyakit atau infeksi yang diderita bayi, misalnya infeksi saluran nafas, infeksi saluran kemih, infeksi telinga, pasca pemberian imunisasi.

Bagaimana cara mengatasi bayi mengalami panas tinggi ?

Banyak cara dan usaha yang dilakukan ibu saat bayi mengalami panas tinggi, salah satunya memberikan ASI lebih sering, melakukan kontak kulit dan kulit terhadap bayi (metode kangguru), menggunakan pakaian yang menyerap keringat, memberikan obat penurun panas sesuai dengan dosis, dan memberikan plester penurun panas yang ditempel di dahi anak.Pleseter penurun panas bertujuan untuk mengurangi demam, dan nyeri yang dialami anak. Hal ini membuat kompres menjadi lebih praktis dan mudah digunakan. Cara penggunaannya juga termasuk gampang, dengan membersihkan area yang akan ditempelkan plester, dan pasang plester penurun panas tanpa menutup bagian mata atau hidung. Penggunaan plester penurun panas ini hanya 1 kali dan tidak boleh digunakan berulang.

Apakah penggunaan pleseter penurun panas aman bagi bayi usia 4 bulan ?

Penggunaan plester penurunan panas termasuk aman untuk bayi usia 4 bulan. Namun hal ini harus tetap diawasi oleh orang tua, jika setelah penggunaan plester penurun panas kulit anak menjadi merah, gatal, sekitar kulit menjadi bengkak, stop pemakaian dan segera konsultasi ke dokter spesialis anak, terutama demam tinggi yang tidak kunjung membaik, diikuti dnegan adanya perdarahan dari hidung seperti mimisan, perdarahan gusi, bintik-bintik merah pada kulit bayi yang tidak hilang dengan penekanan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
vaksin bayi dan anakdemam berdarah denguekejang demam
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil