Apakah boleh penggunaan softlens setiap hari?

EI Info Penanya: EI, Wanita, 19 Tahun
Menggunakan soflens setiap hari boleh apa tidak dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, EI.

Penggunaan lensa kontak bisa digunakan setiap hari. Tapi berapa jam tiap harinya berbeda-beda pada setiap individu. Untuk mereka yang bisa menjaga matanya tetap bersih dan tidak terpapar polusi bisa lebih lama dibanding mereka yang lebih sensitif, terpapar polusi, jorok atau matanya mudah kering. Untuk rata-ratanya sekitar 8-16 jam per hari. Jangan sampai tertidur menggunakan lensa kontak karena akan mengakibatkan mata iritasi dan kering.

Tapi jenis lensa kontak juga berpengaruh. Kebanyakan lensa kontak tidak boleh digunakan semalaman karena dapat mengakibatkan infeksi. Untuk jenis lensa kontak harian atau sekali pakai dapat digunakan sampai dengan 16 jam namun sebaiknya menyisakan 2-3 jam sebelum tidur tanpa menggunakan lensa kontak. Ada juga yang dibuat untuk penggunaan seharian. Namun pastikan dahulu dengan Dokter Spesialis Mata Anda untuk lebih jelasnya.

Saya lampirkan artikel yang mengandung tips mengenai Ingin Mata Cantik nan Sehat? Ikuti Cara Menjaga Kesehatan Mata Ini

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mata kurang tidur dapat menimbulkan masalah-masalah kesehatan lainnya

Dampak Buruk yang Terjadi pada Mata Akibat Kurang TIdur

Kurang tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah gangguan pada mata. Efek yang dapat timbul pada mata kurang tidur, yaitu lingkaran hitam pada mata, spasme otot mata, dan mata kering. Bagaimana cara mengatasi masalah ini?