Apakah boleh pasang behel jika ada gigi berlubang?

AW Info Penanya: AW, Wanita, 18 Tahun
Dokter kalau pasang behel bagian atas terus ad gigi belakang yang lubang boleh ngk?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AW,

Kawat gigi atau behel adalah perawatan gigi yang bertujuan untuk merapikan bentuk gigi dan rahang. Sebelum dilakukan pemasangan kawat gigi akan dilakukan serangkaian pemeriksaan dan perawatan oleh dokter gigi.

Penanganan dan perawatan yang akan dilakukan seperti dengan foto panoramic untuk melihat posisi gigi dan bentuk rahang untuk perhitungan dan perencanaan pemasangan kawat gigi, penambalan dan perawatan saluran akar apabila ada gigi bermasalah ataupun pencabutan gigi jika diperlukan agar merapikan dan memberi ruang untuk pergeseran gigi dan rahang agar menjadi rapih sesuai tujuan pemasangan kawat gigi.

Untuk itu periksakan diri pada dokter gigi atau dokter gigi ahli ortodonti untuk perawatan dan pemasangan kawat gigi agar memberikan hasil yang maksimal. Hindari sembarangan memasang behel atau kawat gigi pada yang bukan ahlinya karena bisa berisiko menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan di rongga gigi seperti peradangan gusi ataupun infeksi akibat penggunaan kawat gigi tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen bisa menjadi makanan perusak gigi karena memiliki kandungan gula yang tinggi

Sayangi Gigi Anda dengan Mengurangi Konsumsi Makanan Perusak Gigi Ini

Banyak orang menghindari makanan perusak gigi. Padahal, yang menjadi masalah bukan makanannya, tapi seberapa lama gigi terpapar makanan itu. Permen hingga roti seringkali dicap sebagai makanan perusak gigi.