Apakah boleh olahraga di malam hari ?

A Info Penanya: A, Pria, 19 Tahun
Assalamu'alaikum dok, saya mau tanya apakah olahraga atau fitness di malam hari itu tidak baik? Kalau baik kira" Sampai jam brp? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Olahraga merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Namun adanya kesibukan dan aktivitas sepanjang hari membuat waktu luang untuk berolahraga menjadi kurang fleksibel. Pada orang-orang yang bekerja di kantoran hanya memiliki waktu luang di sore atau malam hari setelah pulang bekerja dan seringkali dimanfaatkan untuk berolahraga. Kemudian muncul pertanyaan baik atau tidak bila olahraga dilakukan di malam hari ? 

Pada dasarnya olahraga dapat dilakukan setiap saat dan sebaiknya dilakukan secara teratur. Bila Anda baru memiliki waktu luang di sore atau malam hari, maka lakukan olahraga di waktu itu. Namun olahraga di malam hari sebaiknya dilakukan maksimal 1 jam sebelum tidur dengan intensitas ringan seperti yoga, pilates, atau latihan peregangan otot sehingga tubuh bisa lebih relaks dan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Namun karena setiap orang memiliki jam biologis di dalam tubuh yang berbeda-beda maka Anda juga perlu memperhatikan apakah ada gangguan atau kesulitan tidur bila Anda melakukan olahraga di malam hari. Bila Anda menjadi sulit tidur, maka hentikan kebiasaan olahraga di malam hari.

Yang penting adalah berolahraga secara rutin tanpa mengganggu kualitas hidup Anda yang lainnya. Selain itu juga perlu menjaga pola makan sehat seperti perbanyak konsumsi sayur dan buah serta kurangi makanan berlemak.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara membakar kalori bisa dilakukan dengan sederhana, ketika Anda bepergian dengan kereta maupun bus.

Cara Membakar Kalori di Transportasi Umum, Seperti Apa?

Cara membakar kalori tidak hanya dilakukan dengan berbagai peralatan olahraga. Sadarkah Anda, berolahraga untuk membakar kalori, sebenarnya bisa dilakukan ketika bepergian menggunakan moda transportasi umum. Salah satunya saat Anda berdiri di dalam kereta.