Apakah boleh minum antibiotik dan antivirus secara bersamaan?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 23 Tahun
Dok saya pasca curet kan diberi antibiotik cefadroxil lalu ini baru 1hari sya muncul cacar, apakah boleh minum obat antibiotik dan antivirus secara bersamaan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RA,

Pemberian antibiotik paska tindakan kuretase bertujuan untuk menghindari infeksi yang terjadi akibat proses kuretase di dalam rahim. Sedangkan cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella zoster dimana tentunya memerlukan anti virus untuk mencegah berkembangbiaknya virus-virus tersebut. Karena keduanya memiliki kegunaan masing-masing dan tidak dapat saling menggantikan, maka pemakaian antibiotik dan anti virus secara bersamaan tidak masalah, dan hal tersebut justru diperlukan untuk menghindari terjadinya komplikasi-komplikasi.

Selain penggunaan antibiotik dan antivirus, Anda juga perlu meningkatkan asupan sayur dan buah, perbanyak istirahat, serta minum air putih minimal 2 liter setiap hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Bila muncul keluhan-keluhan lain, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cacar air dewasa muncul berawal dari bintik merah di wajah dan dada.

Cacar Air Dewasa Bisa Lebih Berbahaya, Ini Sebabnya

Cacar air identik sebagai penyakit yang kerap dialami anak-anak. Namun, orang dewasa yang belum pernah mengalami cacar air dan tidak menerima vaksin berpotensi untuk mengalaminya. Gejala cacar air dewasa berbeda dengan cacar air anak-anak. Biasanya, demam tinggi disertai nyeri dan sakit kepala akan muncul satu atau dua hari sebelum ruam merah timbul. Selain itu, nafsu makan akan menurun dan tubuh terasa lemas. Cacar air dewasa juga berisiko menimbulkan berbagai komplikasi, seperti infeksi kulit