Apakah Boleh Minum Air Kelapa Saat Pengobatan TB?

ED Info Penanya: ED, Pria
dok klo saya lagi ikut program tb 6bulan ..bolehkah saya minum air kelapa?? ..mkcih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore ED,

Terimakasih ED atas pertanyaannya kepada Tim SehatQ.

Tuberkulosis atau TB merupakan penyakit infeksi yang diakibatkan oleh Mycobacterium sp. Infeksi ini dapat menular melalui dahak dan cairan yang keluar saat batuk dan bersin. Bakteri ini dapat mengifeksi bukan hanya paru, namun seluruh jaringan tubuh kecuali rambut, kuku, dan gigi. Karena sifat bakteri ini yang unik, pengobatannya menggunakan kumpulan antibiotik yang dikonsumsi minimal 6 bulan.

Bila tidak terjadi resistensi (kekebalan bakteri pada antibiotik), obat yang paling umum digunakan untuk mengobati Tuberkulosis ialah:

  • Isoniazid
  • Rifampisin (Rifadin, Rimactane)
  • Ethambutol (Myambutol)
  • Pyrazinamide

Namun apabila terdapat resistensi, terdapat penggunaan terapi lain dan mempengaruhi durasi pengobatan.

Dalam pengobatan TB berikut hal yang penting dilakukan:

  • Mematuhi program pengobatan dengan baik. Melakukan pengobatan dengan jadwal yang tepat dan rutin kontrol adalah kunci utama kesembuhan TB. Bila pengobatan TB dilakukan sesuai program, kemungkinan resistensi TB terhadap antibiotik menurun. Pada TB paru, keluhan batuk-batuk akan jauh berkurang setelah mengonsumsi obat beberapa minggu. Namun program pengobatan tetap harus diselesaikan untuk mengurangi kemungkinan resistensi bakteri TB.
  • Menjaga pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang terdiri dari pola makan seimbang, istirahat cukup, olahraga teratur dan tidak merokok dapat mempercepat penyembuhan.
  • Kontrol kembali setelah menyelesaikan program. Anda baru bisa dinyatakan sembuh setelah menjalani pemeriksaan fisik dan laboratorium oleh dokter. Kasus yang paling umum ialah TB paru. biasanya akan diperiksakan foto rontgen dada serta pemeriksaan dahak. Apabila tanda-tanda TB sudah tidak ada, Anda baru bisa dinyatakan sembuh.

Lalu apakah boleh untuk meminum air kelapa saat program pengobatan TB?

Air kelapa mengandung kaya akan elektrolit dan gula yang rendah. Sehingga air kelapa bagus untuk menyegarkan dan merehidrasi tubuh. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk meminum air kelapa walaupun dalam pengobatan TB.

Apakah ada yang harus saya hindari?

Saat menjalani program pengobatan TB, hindari segala sesuatu yang dapat merusak Liver (Hati) Anda. Beberapa obat TB memberi beban kerja lebih pada Liver. Oleh karena itu, hindari konsumsi bahan-bahan yang hepatotoksik. Salah satunya adalah Alkohol. Serta apabila Anda berobat ke Dokter dengan keluhan lain, jangan lupa untuk memberi tahu bahwa Anda dalam pengobatan TB. Hal ini berguna untuk membantu Dokter memilih terapi yang tidak memberi beban kerja lebih berat pada Liver anda.

Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu.

Salam Sehat,

dr. Annissa Fadila

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.