Apakah boleh mengurangi dosis obat kolesterol?

P Info Penanya: P, Wanita, 40 Tahun
Dok, saya punya keluhan kolesterol dan darah rendah. Sudah periksa ke dokter dan diberi obat keduanya. Namun, kalau saya minum obat untuk kolesterol darah saya ngedrop, sebaliknya kalau saya minum buat darah rendah kolestrol saya naik. Apakah bisa obatnya saya kurangi dosisnya dok, sehingga aman buat saya konsumsi keduanya? Mohon solusinya dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Penyakit kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah dalam bahasa medis dikenal dengan hiperkolesterolemia yang termasuk kedalam gangguan kadar lemak di dalam tubuh (dislipidemia). Pada keadaan tersebut, umumnya salah satu golongan obat yang dapat diberikan oleh dokter adalah obat bergolongan statin.

Terkait dengan pertanyaan Anda, apabila memang obat penurun kadar kolesterol darah yang diberikan kepada Anda benar dari golongan statin, maka, memang dapat berpengaruh pada tekanan darah karena golongan obat tersebut dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyempitan pembuluh darah dengan efek samping yang dapat menurunkan tekanan darah.

Jika Anda memiliki kecenderungan tekanan darah rendah, dan mengalami keluhan tekanan darah yang sangat turun ketika mengonsumsi obat tersebut, sebaiknya dikonsultasikan kembali kepada dokter Anda mengenai dosis obat ataupun jenis golongan obat lain sebagai alternatif. Namun, hendaknya untuk tidak menurunkan dosis tanpa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter karena dapat memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti kenaikan kadar kolesterol yang melonjak kembali (rebound phenomenon).

Begitupula dengan obat yang diberikan untuk tekanan darah rendah nya, perlu dikonsultasikan kembali.

Maka sebaiknya, segeralah kembali ke dokter Anda untuk mendapatkan saran pengobatan yang tepat dan disesuaikan dengan keadaaan Anda. Dibarengi dengan pola hidup sehat, diet rendah lemak jahat dan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar lemak dan kolesterol jahat seperti :

  • Bawang putih
  • Jahe
  • Akar manis
  • Kacang-kacangan
  • Ikan berlemak 
  • Alpukat
  • Gandum
  • Minyak zaitun dan virgin coconut oil
  • Sayur dan buah-buahan tertentu

Tidak lupa untuk memperbanyak asupan cairan perharinya (2 liter/hari) untuk membantu menstabilkan tekanan darah.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kolestrol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung tanpa gejala apapun

Nyeri di Belakang Leher Tanda Kolesterol Tinggi, Benarkah Demikian?

Banyak orang menganggap bahwa nyeri di belakang leher, sakit kepala, kesemutan, dan pegal-pegal adalah tanda dari kolesterol tinggi. Ternyata tidak ada gejala tertentu saat kadar kolestrol tinggi, namun dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.