apakah boleh mengonsumsi anggur tiap hari saat hamil?

BM Info Penanya: BM, Wanita, 36 Tahun
Assalamualaikum Hello dok saya mau tanya apakah saat hamil boleh mengkonsumsi buah anggur tiap hari, saya kadang pagi siang malem makan, dok. Bawaannya laper terus biasanya sama setiap laper makan nasi tp selama 20 hari berat saya naik 3 kilo ko saya merasa takut ya, kata bidan sih masih normal tapi saya parno... Mengingat masi panjang perjalanan saya, karena usia kehamilan saya sekarng baru 6 bulan, Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam BMS,

Kehamilan adalah masa yang ditunggu oleh pasutri. Saat kehamilan terjadi perubahan (fluktuasi) kadar hormon baik estrogen maupun progesteron, selain itu beberapa sistem tubuh juga mengalami perubahan diantaranya sistem kekebalan tubuh serta terkadang di dalam sistem pencernaan. menkonsumsi buah anggur selama kehamilan bagus asal tidak berlebihan sebab buah anggur mempunyai beberapa kandungan manfaat diantaranya :

  1. Vitamin A, B,C, E dan K
  2. Asam folat yang bagus untuk pertumbuhan otak bayi
  3. Magnesium yang bagus untuk tulang dan gigi
  4. Zat besi yang bergabung dengan kalsium yang menjadikan tulang lebih padat dan kuat
  5. Fruktosayan bergunan menjaga kestabilan gula darah
  6. Asam organik yang berguna untuk mencegah gigi keropos dan berlubang
  7. Antioksidan yang berguna melawan infeksi mikroorganisme di luar tubuh

Diantara beberapa manfaat diatas mengkonsumsi anggur secara berlebihan bisa mempengaruhi lambung serta enzim pencernaan di dalamnya sehingga terlalu banyak konsumsi anggur bisa menyebabkan naiknya gula darah karena penumpukan fruktosa dalam anggur, asam lambung naik (GERD), Dispepsia, hingga diare (GEA). 

Bersama ini saya sertakan artikel Pantangan makanan ibu hamil untuk menambah wawasan anda. Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan apabila ada pertanyaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kram perut saat hamil muda bisa menjadi indikasi masalah serius seperti keguguran

Kram Perut saat Hamil Muda: Penyebab, Ciri-ciri, dan Tips Mengatasinya

Kram perut adalah kondisi yang umum terjadi di awal masa kehamilan. Meski umumnya normal, kram perut saat hamil muda bisa menjadi indikasi masalah serius seperti keguguran. Biasanya kram perut juga menjadi tanda adanya perubahan ukuran rahim, peningkatan progesteron, hingga peregangan ligamen.