Apakah boleh mengobati luka goresan akibat kecelakaan dengan larutan air kapur sirih

AT Info Penanya: AT, Pria, 21 Tahun
Malam dok, mau nanya apakah boleh mengobati luka goresan akibat kecelakaan jatuh dr motor dengan larutan air kapur sirih? Soalnya ini obat alami dr keluarga turun temurun. Tapi saya agak ragu khasiatnya, mohon pencerahannya ya dokter....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AT,

Kapur sirih dipercaya memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tetapi tidak jarang juga justru malah berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Pada penanganan luka sendiri tergantung dari jenis dan beratnya luka. Jika luka berupa luka goresan yang tidak dalam atau tidak besar hanya perlu dilakukan perawatan luka dengan membersihkan luka menggunakan air bersih mengalir ataupun cairan antiseptik dan kemudian menutupnya agar tetap kering dan bersih atau juga bisa ditambahkan pemberian salep antibiotik oleh dokter jika diperlukan.

Penggunaan kapur siri dimana mengandung kalsium oksida yang jika bercampur dengan air dapat menjadi kalsium hidroksida yang bisa memicu beberapa gangguan kesehatan seperti iritasi pada kulit dan juga jika dikonsumsi dimana dapat memicu dehidrasi, diare, gangguan pencernaan, menimbulkan sariawan ataupun gangguan lainnya.

Jika luka tidak kunjung sembuh, tampak tanda peradangan seperti nyeri, bengkak, tampak kemerahan, terasa tidak membaik, timbul nanah maka perlu untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan luka lebih lanjut oleh dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ulkus dekubitus adalah luka pada kulit yang disebabkan tekanan berlebih dan berkepanjangan

Sulitkah Proses Penyembuhan Luka Penderita Ulkus Dekubitus?

Ulkus dekubitus adalah luka pada kulit yang disebabkan tekanan berlebih dan berkepanjangan. Ulkus dekubitus menimbulkan rasa nyeri, lecet, dan luka. Ulkus dekubitus dapat disembuhkan dengan membersihkan luka agar terhindar dari infeksi, dan menurupnya dengan plester.