Apakah boleh menggunakan obat tetes saat puasa?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Hai dokter, sebentar lagi kan puasa dan saya lumayan ketergantungan dengan obat tetes mata softlens. Bolehkah menggunakan obat tetes saat berpuasa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Obat tetes mata sering digunakan oleh banyak orang yang mengalami gangguan pada mata. Terkadang bagi pemakai soflens, menggunakan tetes mata merupakan suatu hal yang wajib agar kondisi mata tidak kering.

Ada beberapa jenis obat tetes mata sesuai dengan kebutuhannya, yaitu:

  • Tetes mata untuk mata kering.
  • Tetes mata untuk mata merah.
  • Tetes mata untuk mata alergi. 
  • Konjungtivitis.
  • Infeksi mata yang lain.

Secara medis, obat tetes mata merupakan obat luar. Bukan obat yang diminum. Sehingga untuk penggunaannya selama bulan puasa ini pun tidak masalah. Tidak akan membuat puasa Anda menjadi batal karena obat ini tidak masuk ke dalam sistem pencernaan manusia. 

Selain itu, dalam menggunakan obat tetes mata harus diperhatikan kebersihannya. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum memakai obat tetes mata dan tutup rapat obat tetes mata agar kondisinya tetap steril.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mudik bisa menyebarkan virus corona lebih jauh sehingga wabah tak kunjung reda

Kalau Ingin Corona Cepat Berlalu, Terus Pakai Masker dan Jangan Mudik

Jika larangan mudik dan imbauan untuk pakai masker masih dilanggar, kapan wabah corona bisa selesai? Jangan sepelekan kedua imbauan ini jika Anda ingin bisa kembali beraktivitas dan berkumpul dengan teman serta keluarga.