Apakah boleh berhubungan intim saat hamil muda?

AA Info Penanya: AA, Pria, 27 Tahun
Dok saya mau tanya apa kah berhubungan intim disaat hamil muda itu di perboleh kan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Berhubungan intim saat hamil terutama saat hamil muda sebenarnya diperbolehkan jika tidak ada gangguan kehamilan. Gangguan kehamilan yang dimaksud adalah adanya perdarahan ketika hamil muda, adanya nyeri perut, pernah mengalami keguguran, gangguan letak plasenta, pernah mengalami penyakit menular seksual ataupun pernah mengalami persalinan prematur maka hubungan intim saat hamil perlu dihindari. 

Jika tidak mengalami gangguan dalam kehamilan, berhubungan intim saat hamil muda perlu memperhatikan beberapa hal seperti posisi saat berhubungan agar memilih yang nyaman dan tepat. Selain itu juga perlu memperhatikan tempo saat berhubungan agar tidak menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman dimana jika menimbulkan rasa nyeri ada baiknya dihindari. Anda juga bisa memeriksakan diri pada dokter kandungan terlebih dahulu untuk mengetahui ada tidaknya gangguan pada kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab vagina terasa gatal adalah infeksi jamur pada vagina

Vagina Terasa Gatal Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab vagina terasa gatal saat hamil salah satunya terjadi karena perubahan tingkat keasaman (pH) pada vagina. Akibatnya, muncul iritasi pada permukaan kulit di area tersebut. Walaupun begitu, vagina terasa gatal bukanlah sesuatu yang berbahaya.