Apakah boleh 4 hari sesudah mencabut gigi geraham naik gunung?

DI Info Penanya: DI, Wanita, 21 Tahun
Selamat pagi dok, saya mau tanya. Hari selasa kemarin saya baru cabut gigi geraham dan dihari sabtu minggu ini rencananya saya mau naik gunung. Apakah boleh dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DII

Fase penyembuhan setelah mencabut gigi, rata-rata memerlukan 7-10 hari tergantung dari lokasi gigi dan cara mencabut gigi. Perhatikan agar bekuan darahnya tidak sampai lepas agar tidak terasa nyeri. Untuk mempercepat penyembuhannya dengan cara menggunakan obat nyeri yang diresepkan, istirahat selama 2-3 hari, jangan kumur-kumur, meludah dan menggunakan sedotan selama 24 jam, setelah 24 jam berkumur dengan air garam, menghindari merokok, serta tetap sikat gigi (hindari daerah gigi yang dicabut) untuk mencegah infeksi.

Jadi tidak ada larangan untuk naik gunung tapi jangan terlalu lelah karena dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah yang bisa mengakibat lepasnya bekuan darah. Bila sudah mulai nafas cepat dan berdebar-debar, istirahat dahulu serta jangan memaksakan diri.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi berlubang juga menjadi salah satu penyebab sakit gigi

Pernah Sakit Gigi? Mungkin Ini Penyebab Sakit Gigi Anda

Kebiasaan hidup yang mengabaikan pentingnya kebersihan gigi dan mulut dapat menjadi penyebab sakit gigi dan gusi. Beberapa penyebab sakit gigi yang umum terjadi, antara lain gigi berlubang, abses gigi, fraktur gigi, tambalan gigi rusak, gigi menggemeretak, dan infeksi gigi.