Apakah bisa terjadi kehamilan atau tidak?

A Info Penanya: A, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mau nanya,sebelumnya bulan april saya haid tgl4,pada tanggal23 saya berhubungan,lalu tgl4 saya haid dan siklusnya hanya2 hari,diakhir haid warna darah coklat kehitaman apakah wajar warna seperti itu?dan apakah bisa terjadi kehamilan setelah haid tanpa berhubungan badan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Siklus menstruasi normal pada wanita adalah 21 - 35 hari. Cara menghitung siklus menstruasi dimulai dari hari pertama menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan selanjutnya. Rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. Selain karena kehamilan, terlambatnya menstruasi sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Adapun faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut:

Kehamilan, merupakan kondisi yang dinantikan setiap pasangan. Tanda pasti dari kehamilan selain dibuktikan dengan hasil positif pada tes kehamilan adalah dengan pemeriksaan fisik dokter dan pemeriksaan USG kandungan.

Terkait dengan keluhan Anda, jika Anda ragu-ragu Anda bisa melakukan tes kehamilan, jika hasilnya negatif Anda bisa melakukan tes kehamilan ulang dengan jeda 1 minggu kemudian. Pastikan Anda tetap makan makanan yang bergizi, hindari stres dan kelelahan, istirahat cukup, dan lakukan olahraga agar badan tetap sehat.

Jika diarasa keluhan tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berbagai mitos berkembang mengenai bentuk perut ibu hamil

Bentuk Perut Ibu Hamil Bisa Prediksi Jenis Kelamin Bayi, Mitos atau Fakta?

Bentuk perut ibu hamil sering menimbulkan banyak mitos di masyarakat, termasuk dengan dapat diprediksinya jenis kelamin dari janin yang dikandung.